SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri), dan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum DPP PPP Muhammad Mardiono (kanan), usai melangsungkan jamuan makan malam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di salah satu restoran bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA--Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menganalogikan masing-masing partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tak ubahnya tim yang sedang bertanding di Piala Dunia.

Hal tersebut disampaikannya sebelum pertemuan para ketua umum partai politik yang tergabung di KIB dilangsungkan di salah satu restoran, bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mau diskusi bola Piala Dunia, jangan meremehkan yang kecil-kecil, lho,” kata Zulhas yang juga Menteri Perdagangan ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain menganalogikan PAN dengan Jepang yang berseragam biru dalam Piala Dunia yang berhasil mengalahkan Jerman, Zulhas juga menganalogikan PPP yang identik dengan warna hijau dan Partai Golkar yang berwarna kuning seperti tim negara-negara lain yang menang dalam pertandingan Piala Dunia.

“Arab Saudi warnanya hijau, kalahkan Argentina. Kalau Brasil, ‘kan warnanya kuning. Kalau kuning, sudah besar dari lama,” kata dia.

Baca Juga: Bima Arya Usul Duet Ganjar-Emil di Pilpres 2024

Untuk itu, Zulhas meminta partai di Koalisi Indonesia Bersatu untuk memiliki sikap tidak merasa kecil sebelum bertanding, serta publik tidak menganggap enteng pula terhadap tim-tim kecil.

“Kita jadi belajar, jangan pernah merasa kecil sebelum bertanding, yang dianggap lebih kecil malah bisa mengejutkan dan menjadi pemenang,” ujar dia.

Ia juga menekankan bahwa kemenangan justru dapat muncul dari kekuatan-kekuatan kecil yang bersatu dan konsisten.

“Akan tetapi, yang kecil asal solid dan konsisten tetap bisa menang, ya,” kata Zulhas.

Acara jamuan makan malam pimpinan Partai Koalisi Indonesia Bersatu dihadiri oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum DPP PPP Muhammad Mardiono, Wakil Ketua Umum DPP PPP Amir Uskara, serta Bendahara Umum Partai Golkar Dito Ganinduto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya