SOLOPOS.COM - Peringatan KPU tentang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 pada 9 Desember 2020. (Kpu.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Badan Pemenangan Pemilihan Umum Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengklaim menang di empat dari sembilan provinsi yang menghelat Pemilihan Umum Kepala Daerah atau Pilkada 2020. Secara keseluruhan, calon yang diusung Partai Demokrat untuk pilkada tingkat provinsi atau pemilihan gubernur menang 44%.

"Dari sembilan Pilgub yang diikuti, usungan PD menang di empat daerah yang dua di antaranya adalah kader Partai Demokrat, yaitu Pilgub Kalimantan Selatan dan Pilgub Kalimantan Utara," kata Kamhar dalam keterangannya sebagaimana dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Kamis (10/12/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantas, bagaimana dengan hasil perhitungan resmi sementara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Pilgub tersebut? Apakah benar kader Partai Demokrat mampu unggul di sejumlah lokasi tersebut?

Besar Mana Anggur dan Telur Ayam? Ini Perbandingan Ukurannya di Vietnam…

Kalimantan Selatan

Penghitungan suara resmi atau real count Pilkada 2020 di Kalimantan Selatan menunjukkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Denny Indrayana-Difriadi, hingga Kamis (10/12/2020) 19.07 WIB, untuk sementara unggul.

Paslon dengan nomor urut 02 dan didukung Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini unggul sementara dengan persentase suara 51,7%. Sementara itu, paslon Sahbirin Noor-Muhidin dengan nomor urut pemilihan 01 memiliki persentase suara sebesar 48,3%.

Kalimantan Utara

Di Pilgub Kaltara 2020, Partai Demokrat dengan calon Zainal Arifin Paliwang sebagai calon gubernur Kaltara didampingi calon wakil gubernur Yansen maju sebagai paslon dengan nomor urut 3. Paslon ini didukung Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan PPP.

Hingga Kamis (10/12/2020) 19.07 WIB, paslon ini meraup suara 46,8% atau mengungguli paslon nomor 1 Udin Hianggio-Undungsyah dengan 30,6% suara dan Irianto Lambrie-Irwan Sabri, paslon dengan nomor urut 2 dengan 22,5% suara sementara.

Sumatra Barat

Sumatra Barat memiliki empat pasangan calon. Hingga Kamis (10/12/2020) 19.44 WIB, penghitungan suara resmi di provinsi ini dimenangi oleh pasangan nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy dengan persentase suara 34,1%. Paslon ini didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan PPP.

Paslon yang didukung Partai Demokrat, yakni Mulyadi-Ali Mukhni. Paslon bernomor urut 01 ini berada di peringkat ketiga dengan perolehan suara 26,1%. Paslon bernomor urut 02, Nasrul Abit-Indra Catridi, berada peringkat kedua, sedangkan Fakhrizal-Genius Umar dengan nomor urut 03 berada di urutan terakhir.

Jambi

Perolehan suara untuk Pilgub Jambi untuk sementara dipimpin oleh pasangan nomor urut 03 Al Haris-Abdullah Sani 38,5%, unggul tipis  dari Cek Endra-Ratu Munawaroh yang kalah tipis 37,6% dengan nomor urut 01.

Paslon nomor urut 02, Fachrori Umar-Syafril Nursal, untuk sementara hanya mampu meraup 23,9% suarat. Paslon ini didukung Partai Demokrat, Partai Gerindra, PPP dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Bengkulu

Di Provinsi Bengkulu, pasangan nomor urut 02 Rohidin Mersyah-Rosjonsyah unggul telak sementara denga2 42,6% suara. Paslon petahana ini didukung Partai Demokrat, PDIP, PKS, Partai Golongan Karya.

Dua pasangan lain, yaitu Helmi Hasan-Muslihan Diding Soetrisno di nomor urut 01, dan di nomor urut 3 ada Agusrin Maryono-Imron Rosyadi.

Kepulauan Riau

Berdasarkan data KPU, pasangan nomor urut 03 Ansar Ahmad-Marlin Agustina sementara unggul cukup jauh di Pilkada 2020 dengan perolehan 44,2% yang telah mengumpulkan 132.646 suara.

Paslon yang didukung Partai Demokrat, Partai Hanura dan PKS serta bernomor urut 02, yakni Isdianto-Suryani, meraup 34,8% suara, sedangkan pasangan Soerya Respationo-Iman Sutiawan di nomor urut 01 memiliki 21,2% suara.

Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah memiliki dua pasangan cagub-cawagub. Hingga Kamis (10/12/2020) pukul 20.13 WIB, data KPU menunjukkan pasangan nomor urut 01 Ben Brahim S. Bahat-Ujang Iskandar unggul dengan persentase 51,6%.

Paslon Ben-Brahim ini didukung oleh Partai Demokrat, Partai Hanura dan Partai Gerindra. Sementara itu, pasangan nomor urut 02 Sugianto Sabran-Edy Pratowo yang meraup 48,4% suara didukung 8 partai politik.

Sulawesi Utara

KPU melaporkan pasangan Olly Dondokambey-Steven O. E. Kandouw masih unggul jauh dengan persentase 58,0% perolehan suara di Pilgub Sulut 2020.

Paslon bernomor urut 01, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar memperoleh 32,4% suara. Partai Demokrat bersama Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung paslon ini. Adapun, paslon nomor urut 02, yaitu Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene dengan 9,6% suara.

Sulawesi Tengah

Provinsi terakhir yang turut serta dalam Pilkada 2020  ini adalah Sulawesi Tengah dengan dua pasangan calon. Pasangan nomor urut 02 Rusdy Mastura-Ma'mun Amir unggul sementara dengan perolehan 58,6 persen.

Paslon ini didukung Partai Demokrat dan sembilan partai politik lainnya, yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem), PKS, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura, Partai Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Golkar, PAN, PPP, serta parrpol non kursi Partai Garuda. Pasangan tersebut mengalahkan pasangan nomor urut 01 Mohamad Hidayat Lamakarata-Bartholomeus Tandigala meraup 41,4% suara yang didukung Partai Gerindra dan PDIP.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya