SOLOPOS.COM - Anas Urbaningrum (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Anas Urbaningrum (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

SEMARANG--Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum meminta maaf atas pernyataan Sutan Bathoegana terkait dengan pelengseran Kiai Haji Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dari kursi kepresidenan.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Saya Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mohon maaf meski Sutan Bhatoegana bicara sebagai personal. Akan tetapi, Sutan tidak bisa dipisahkan dari Partai Demokrat,” katanya di Semarang, Selasa (27/11/2012).

Sebelumnya diwartakan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan melayangkan somasi terhadap Partai Demokrat terkait dengan pernyataan petinggi partai itu, Soetan Bathoegana, yang dinilai melecehkan presiden keempat RI K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang merupakan tokoh kebanggaan NU.

Lebih lanjut Anas mengatakan, “Sutan pun sudah menyampaikan kepada saya bahwa tidak ada maksud menghina dan merendahkan Gus Dur”.

Atas dasar itu, Anas sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat, sebagai bagian dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU), dan sebagai pengagum Gus Dur, menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga almarhum Gus Dur, pengikut, dan warga NU.

“Mari kita pegang etika dasar kepada para pemimpin. Bahwa kepada para pemimpin yang sedang memegang amanah dan kepada para mantan pemimpin, kita layak menghormati dan memuliakannya,” kata mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) periode 1997-1999 itu.

Ia menegaskan bahwa Gus Dur adalah mantan Presiden RI, guru bangsa, ulama besar, cendikiawan terkemuka, tidak saja di Indonesia, tetapi juga di dunia internasional.

“Semoga semua amal bakti dan kebajikan beliau diterima sebagai amal baik di sisi Allah Swt,” katanya.

Anas mengajak semua pihak mengembangkan dan mengamalkan secara benar dan konsisten pemikiran dan ajaran Gus Dur yang bermanfaat memajukan bangsa. “Gus Dur adalah bagian yang terhormat dalam sejarah perjalanan Indonesia.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya