SOLOPOS.COM - Presiden keenam Indonesia yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama istrinya, Ani Yudhoyono, berjalan menuju peristirahatan mereka di Hotel Kayu Arum, Kota Salatiga, Senin (14/3/2016). SBY hadir ke Salatiga untuk menjalani rangkaian acara SBY Tour de Java. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com/dok)

Parpol Solo, Demokrat mengadakan konsolidasi di Boyolali awal pekan ini.

Solopos.com, SOLO — Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan kader di Kota Solo agar mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019. SBY meminta capaian di Pileg 2009 menjadi pelecut untuk memperbaiki posisi partai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu disampaikan SBY saat berkonsolidasi dengan kader Demokrat Solo di Boyolali, awal pekan ini. Menurut Sekretaris DPC Demokrat Solo, Supriyanto, Ketua Umum menghendaki Solo mampu meraih tujuh kursi di Pileg 2019. Jumlah itu sesuai dengan capaian di Pileg 2009.

“Di Pileg 2014 kami mengalami penurunan hingga empat kursi. Pak SBY tak ingin Demokrat terus terpuruk,” ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung DPRD, Rabu (16/3/2016).

Dalam konsolidasi, SBY juga menggenjot semangat kader agar Demokrat Solo mampu bertengger di tiga besar Pileg 2019. Pada Pileg 2009, partai berlambang bintang mercy ini sempat meraih posisi dua di bawah PDI Perjuangan. Namun capaian itu melorot drastis di Pileg 2014 saat partai hanya mampu menembus ranking enam.

Supriyanto mengamini turunnya kiprah Demokrat tak lepas dari kasus korupsi yang menjerat sejumlah kader partai. Tak hanya Solo, hampir semua DPC Demokrat di Jawa Tengah mengalami ekses negatif lima tahun terakhir.

Hal itu dibuktikan dengan menurunnya jumlah wakil rakyat dari Demokrat di DPRD provinsi atau kabupaten/kota. “Dari 200-an wakil pada 2009, menyusut menjadi 100-an di 2014,” urai dia.

Menurut Supri, SBY telah meminta kader di wilayah untuk berdialog langsung dengan masyarakat. Hal tersebut agar kader mengetahui keresahan warga yang sebenarnya di tingkat akar rumput. Selain itu SBY mendorong kader masuk dalam basis anak-anak muda.

“Penggunaan gadget atau media sosial saat ini tak bisa dikesampingkan untuk menggaet konstituen, khususnya generasi muda,” tuturnya.

Anggota DPRD dari Partai Demokrat, Reny Widyawati, mengaku siap mengamankan petuah SBY agar Demokrat kembali menjadi partai besar. Pada Pileg 2019, SBY menagertkan Demokrat sebagai pemenang. “Saya pun siap jika diminta maju kembali untuk memerkuat partai di Pileg 2019.”

.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya