SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Puluhan Parpol yang tergabung dalam Parpol nonparlemen Klaten Bergerak, Senin (21/6), memberikan sinyal positif bakal berkoalisi dengan Partai Golkar dalam menghadapi Pilkada Klaten. Meski belum secara resmi menyatakan dukungannya, Parpol-Parpol tersebut menyatakan siap memperkuat koalisi besar Partai Golkar.

Koordinator Parpol nonparlemen Klaten Bergerak, Trijoko Prayitna, kemarin, mengatakan, pihaknya tinggal menunggu MoU yang bakal diteken setelah ada kandidat yang direkomendasikan Partai Golkar. “Dalam silaturahmi dengan pengurus Partai Golkar Minggu (20/6), yang dihadiri pengurus 22 Parpol anggota Parpol nonparlemen Klaten Bergerak didapati kesimpulan yang mengarah ke koalisi,” urainya di Klaten.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Parpol-Parpol tersebut terdiri atas Partai Republikan, PKPB, PDS, PKNU, PPRN, Partai Pelopor, PDP, PBB, PDK, PPBI, Pakar Pangan, Partai Kedaulatan, PNI Marhaenisme, PPI, PIS, Barnas, PPD, PKDI, Partai Buruh, PPDI, PNBKI dan PBR. Menurut Trijoko, peresmian koalisi baru akan dilakukan setelah ada pasangan yang dipastikan diusung oleh Partai Golkar.

Dia menambahkan jika diakumulasi dari hasil Pemilu Legislatif 2009 lalu, suara yang diperoleh 22 Parpol itu mencapai 50.000-an suara. Ditanya mengapa Klaten Bergerak memilih merapat ke Partai Golkar dan tidak mendekat ke partai besar lainnya, yakni PDIP yang notabene memastikan mengusung incumbent Sunarna dan Hartini, Trijoko mengatakan, pihaknya realistis memilih Parpol yang lebih menghargai partai kecil.

Wakil Ketua Partai Kedaulatan Klaten, Dalno mengatakan, partainya menyambut baik ajakan Partai Golkar dan setelah kontrak politik beres, maka surat dukungan siap ditandatangani dan distempel. Dikatakan dia, pihaknya siap mendeklarasikan dukungan bersama Parpol lainnya. “Kami siap bergabung dalam koalisi besar untuk memenangi Pilkada. Partai Golkar selama ini kami nilai cukup respons terhadap partai-partai kecil.”

rei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya