SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Sejumlah partai politik (parpol) turut mewarnai suksesi Paguyuban Kepala Desa dan Perangkat Desa Gunungkidul, Semar.

PDIP menjagokan Kepala Desa (Kades) Wiladeg, Karangmojo Sukoco sementara  Partai Golkar mempromosikan Kades Kepek Wonosari Bambang Setiawan. Bambang adalah mantan Sekretaris DPD PAN Gunungkidul.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Paling ideal sepertinya Kades Wiladeg Karangmojo Sukoco. Dia kami pandang bisa berdiri di tengah banyak kepentingan desa-desa. Dia juga memiliki pengalaman mengurus Paguyuban Semar mendampingi Suparno,” kata Wakil Ketua DPC PDIP Gunungkidul Warta kepada Harian Jogja, belum lama ini.

Sekretaris DPD Partai Golkar Gunungkidul Heri Nugraha menilai Bambang Setiawan punya kemampuan diri untuk memimpin organisasi kepala desa se-Gunungkidul. “Penilaian ini objektif meskipun Bambang sendiri bukanlah kader Golkar, tapi mantan kader PAN,” ujarnya.

Heri menilai komunikasi Kades Kepek itu dinilai lancar dengan siapa saja.

Adapun, Bupati Gunungkidulo Badingah memilih tidak mengajukan salah satu nama kades.

Pendamping Paguyuban Kepala Dusun Janaloka Gunungkidul, Yusuf Didik mendukung Kades Playen Andang Suhartanto.

Ketua Paguyuban Janaloka Gunungkidul Sutiyono belum memberikan keputusan dan sikap. Sutiyono hanya menyatakan beberapa syarat yang harus dimiliki ketua Semar, seperti berwawasan luas, mau menerima saran kalangan perangkat desa serta menjalin komunikasi dengan pemerintah dan masyarakat.

Suksesi rencananya digelar pada November 2012.

Kades Baleharjo Agus Setiawan justru meragukan fungsi suksesi. Dia pesimistis Semar hanya dijadikan ajang pendekatan ke pemerintah. Dia juga pesimistis bakal ada kompetisi sehat antardesa karena tak ada pemerataan dalam alokasi program pembangunan desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya