SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Parlemen China menemui Ketua MPR Taufiq Kiemas dan Ketua DPD Irman Gusman. Parlemen China menyumbang dana 10 juta remimbi (yuan) atau sekitar Rp 13 miliar untuk korban letusan Merapi dan tsunami di Mentawai.

“Bagus, pertemuannya persahabatan dan mereka menyumbang 10 juta remimbi untuk korban bencana Merapi dan Mentawai,” ujar Ketua MPR Taufiq Kiemas usai bertemu dengan Ketua Parlemen China di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu Taufiq menuturkan, China juga akan menyumbang tenaga dan peralatan evakuasi korban Merapi. China akan mengirim ahli forensik untuk membantu identifikasi korban di lereng Merapi.

“Janjinya tentang bantuan korban Merapi dan tsunami. Identifikasi DNA dan early warning system tsunami. Biasanya kalau China janji ditepati,” ujar Taufiq.

Wakil Ketua MPR Hajrianto Tohari menuturkan bahwa dalam pertemuan singkat tersebut dibahas berbagai masalah kedua negara. Sejumlah kesepakatan juga dihasilkan dalam pertemuan tersebut.

“Banyak yang dibahas baik goverment to goverment maupun people to people. Kita menekankan kerjasama di bidang ekonomi, pendidikan, dan pertahanan,” ujar Hajrianto.

Setelah menemui MPR, Ketua Parlemen China akan menemui Ketua DPD Irman Gusman. Kemarin, Ketua Parlemen China sudah menemui Ketua DPR Marzuki Alie.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya