Kategori: Karanganyar

Parkiran Resto Tempat Mobil Terjun di Tawangmangu Belum Punya Pagar Pengaman


Solopos.com/Sri Sumi Handayani

Solopos.com, KARANGANYAR – Halaman parkir restoran tempat terjadinya insiden mobil terjun ke kebun di Tawangmangu, Karanganyar, belum memiliki pagar pengaman. Restoran tersebut berlokasi di jalan tembus Magetan-Tawangmangu, Kelurahan Blumbang, Tawangmangu, Karanganyar.

"Halaman parkir restoran itu memang belum ada pagar pengaman. Harapan saya pengelola segera membuat pagar pengaman di sekitar lokasi parkir," terang Kapolsek Tawangmangu, AKP Ismugiyanto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (31/1/2021).

Baca juga: Dibuka Lagi, Taman Balekambang Solo Sepi Pol

Insiden yang dialami empat orang sekeluarga asal Solo, Jawa Tengah, itu terjadi pasa Minggu (31/1/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Empat orang yang berada di dalam mobil Honda Brio kuning berpelat nomor AD 8771 AO itu selamat meski mengalami luka-luka. Mereka langsung dibawa ke Puskesmas Tawangmangu untuk mendapat penanganan medis.

Mobil tersebut dikemudikan Wahyu Kurniawan, 40. Di dalam mobil tersebut ada tiga penumpang, yakni Vera Widyaningrum, 35, dan dua orang anak mereka, Varel Putra Perdana, 13, dan Fathan, 10.

Baca juga: Mobil Terjun ke Kebun di Tawangmangu Diduga Gegara Sopir Gak Fokus

Kronologi

Nahas, mobil tersebut tidak berhenti di halaman parkir namun terus melaju hingga jatuh ke kebun sebelah barat restoran. Mobil itu jatuh dari ketinggian sekitar empat meter.

Akibatnya, sejumlah bagian mobil yang terjun ke kebun di Tawangmangu itu ringsek. Informasi yang beredar, pengemudi salah menginjak pedal.

"Mobil itu melaju dari arah Magetan ke Tawangmangu. Jadi dari atas ke bawah. Sampai lokasi kejadian, mobil masuk halaman parkir Rengganis Resto. Kemungkinan hendak istirahat makan di situ," kata Is, sapaan akrabnya, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maulla.

Baca juga: Nenek-Nenek di Sambungmacan Sragen Ditemukan Meninggal Membusuk di Rumah

Namun, informasi lain menyebutkan pedal gas terjerat karpet lantai mobil sehingga mengakibatkan laju kendaraan tidak terkendali dan mengalami kecelakaan.

"Bisa jadi salah menginjak pedal rem tetapi keliru gas. Nyebur masuk ke kebun samping Rengganis Resto. Dalam mobil ada empat orang, yaitu pengemudi dan tiga orang penumpang. Itu satu keluarga ya," ujarnya.

Proses evakuasi melibatkan warga sekitar. Warga dan pengendara yang melintas sekitar lokasi kejadian berusaha menolong pengemudi dan penumpang mobil tersebut. Evakuasi mobil dengan cara ditarik ke atas dari area kebun di tepi jalan.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita