PARKIR SOLO : Jukir Kota Solo Tuntut Keadilan

 ilustrasi parkir di Solo (Maulana Surya/JIBI/dok)

SOLOPOS.COM - ilustrasi parkir di Solo (Maulana Surya/JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO — Alis Iswarto, 40, berkernyit saat membaca sebuah berita di surat kabar, Selasa (1/10/2013) pagi. Tak berapa lama, lelaki asal Penumping itu geleng-geleng dan melempar koran ke rekan di sampingnya. Suasana di warung makan depan Solo Grand Mal (SGM) itu pun menjadi sedikit riuh. “Wah, kebijakan luar biasa kuwi. Apa pemerintah ora mikir?,” ujar Iswarto dengan nada agak tinggi.

Sehari-hari, Iswarto berprofesi sebagai juru parkir (jukir) di kawasan SGM. Berita tentang pelarangan parkir di tepi Jl. Slamet Riyadi kawasan Gendengan-Ngapeman sontak berefek kepadanya dan ratusan jukir lain. Lelaki yang sudah lima tahun lebih mengais rezeki sebagai jukir ini mengaku pasrah dengan kebijakan Pemkot. “Orang seperti kami ini tidak akan menghalang-halangi keinginan pemerintah. Tapi mbok ya kami juga dipikirke.”

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Dari mata pencahariannya, Iswarto bisa mendapat penghasilan bersih Rp50.000 sehari. Meski tak besar, pemasukan itu mampu menyekolahkan kedua anaknya di SD dan SMP. Dia berharap Pemkot memberi solusi jika kebijakan sterilisasi parkir jadi diterapkan Desember.

“Kalau bisa diberi pekerjaan lain atau modal untuk usaha. Kalau sekadar dipindah ke tempat parkir baru saya kurang setuju. Seperti di Sriwedari, apa nanti ada yang mau parkir di sana?,” keluhnya.

Hal senada diutarakan Ahmad, 41. Jukir asal Timuran ini menuntut Pemkot memberi kelanjutan mata pencaharian. Pasalnya, selama ini dia hanya menggantungkan hidup dari profesi jukir.

“Kalau disuruh milih ya penginnya tetap di sini. Seumpama terpaksa pindah ya Pemkot harus memberi ganti yang layak.”

Lebih jauh, Ahmad mengusulkan pemberlakuan UU Lalu Lintas diberlakukan serentak di Jl. Slamet Riyadi agar tidak terjadi kecemburuan. “Harusnya semua kena. Wong tempat saya yang jarang macet saja kena.”

Kepala Dishubkominfo, Yosca Herman Soedrajad, mengaku sudah memikirkan solusi untuk para jukir. Pihaknya siap menempatkan jukir di kantung parkir-kantung parkir baru yang tengah disiapkan. “Kami jamin jukir tidak akan kehilangan pekerjaan. Untuk solusi lain, masih dipikirkan bersama Pak Wali (Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo).”

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Kawanan Kera Ekor Panjang Serang Kebun Buah Mangunan & Lahan Warga di Bantul

      Kawanan kera ekor panjang menyerang dan mencari makan di Kebun Buah Mangunan yang ada di Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.

      Bulog Bagikan Corn Sheller kepada Petani Jagung di Lampung

      Perum Bulog melalui Program Bulog Peduli Petani membagikan bantuan berupa corn sheller atau pemimipil jagung kepada Kelompok Tani Harapan Maju di Lampung Selatan.

      Tragedi Kanjuruhan, UEFA: Kompetisi di Eropa Dimulai dengan Mengheningkan Cipta

      UEFA mengumumkan kompetisi sepak bola di Eropa pada pekan ini akan diawali dengan mengheningkan cipta semenit untuk para korban tragedi Kanjuruhan Malang.

      Komentari Pencapresan Anies Baswedan, Puan Maharani: Kita Sedang Berduka

      Puan meminta publik tidak berbicara dulu tentang capres karena Indonesia sedang berduka dengan tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan 125 orang

      Rating CSA Melesat Signifikan di 2022, Penerapan ESG BRI Terus Meningkat

      Keterlibatan aktif BRI dalam kegiatan CSA juga merupakan strategi perusahaan dalam melakukan continuous improvement terkait implementasi ESG.

      Tempat Usaha Ruben Onsu Dibobol Maling, Aksi Pelaku Terekam Kamera CCTV

      Unggahan Ruben Onsu yang mengabarkan tempat usahanya dibobol maling itu juga disertai rekaman kamera CCTV saat kejadian.

      Dikenal sebagai Pengusaha dan Politikus, Segini Total Kekayaan Surya Paloh

      Sering diebut sebagai  salah satu ketua umum parpol terkaya di Indonesia, total kekayaan yang dimiliki oleh Surya Paloh menjadi sorotan publik.

      Marak KDRT hingga Kalangan Artis: Selingkuh dan Budaya Patriarki Penyebabnya

      Perselingkuhan dan budaya patriarki menjadi salah satu penyebab maraknya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

      Berpusat di Madiun, Ini Ajaran & Sejarah Berdirinya PSH Winongo

      Persaudaraan Setia Hati Winongo merupakan salah satu perguruan silat besar di Indonesia yang berpusat di Kota Madiun.

      Berikut Data Produksi Kopi Arabika dan Robusta di Wonogiri

      Festival Kopi dan Batik di Wonogiri akan dijadikan sebagai agenda tahunan di waktu mendatang.

      Soal Jembatan Sasak Beton-Gadingan, DPUPR Solo Pasrahkan ke Balai Besar Sungai

      DPUPR Solo sudah mengadukan permasalahan jembatan sasak yang menghubungkan Kampung Beton, Sewu, dengan Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo, ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo.

      KJRI Kuching Selamatkan TKI Purworejo yang Diperbudak Majikan 17 Tahun

      Selama 17 tahun ditahan majikan tersebut, Meri Haspari dipekerjakan tanpa mendapatkan gaji.

      Bupati Sragen Minta Cakades yang Tak Siap Kalah Untuk Mundur

      Sebanyak 48 calon kepala desa (cakades) di Sragen mendeklarasikan komitmen untuk menjaga Pilkades Serentak 2022 berlangsung damai dan lancar.

      Mataram Is Love: Ratusan Suporter Solo Berangkat ke Jogja Hari Ini

      Ratusan suporter Solo tersebut berkumpul di Plaza Manahan kompleks Stadion Manahan Solo sebelum berangkat ke Jogaj pada Selasa (4/10/2022) sore WIB.

      PDIP Tersinggung PSI Capreskan Ganjar Tanpa Izin Megawati

      Deklarasi Ganjar sebagai capres PSI itu dilakukan pada Senin (4/10/2022) kemarin.