SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Parkir Jogja selama libur Lebaran ditambah

Harianjogja.com, JOGJA— Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menyiapkan lokasi alternatif parkir di pusat kota untuk menyambut libur lebaran. Penambahan lahan parkir ini mengakibatkan Kompleks Kepatihan tak boleh lagi digunakan sebagai lokasi parkir.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan dua lokasi alternatif parkir yang disiapkan antara lain di Bongsuwung dan Kridosono. Alasan itu juga yang membuat Kompleks Kepatihan tak bisa digunakan sebagai lokasi parkir alternatif. Terlebih akses masuk utama ke kompleks perkantoran Pemda DIY ini menghadap langsung ke jalan Malioboro.

“Kalau parkir di pinggir jalan jelas jadi macet. Memang kita belum cukup lahan parkir, harus bangun lagi tapi kan anggarannya terbatas, itu yang jadi masalah kita,” terang Sultan, Kamis (23/6/2016)

Upaya penyediaan lahan parkir ini menjadi salah satu hasil evaluasi saat libur panjang Mei lalu. Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata DIY Putu Kertiyasa mengatakan terjadi lonjakan pengunjung sebesar 15% saat libur panjang Mei lalu. Lonjakan itu tak dibarengi dengan ketersediaan kantung parkir yang memadai. Akibatnya wisatawan kesulitan mrncari lokasi parkir yang strategis.

“Abu Bakar Ali selama libur panjang sudah tidak mampu menampung kendaraan besar, terutama bus.” kata dia.

Kondisi itu membuat Pemda DIY mencoba menyediakan solusi alternatif untuk mengurangi kemacetan dan menambah kantung parkir agar wisatawan nyaman dan aman saat berkunjung ke DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya