SOLOPOS.COM - Mobil jemaah Salat Jumat di Masjid Agung Madaniyah Karanganyar memenuhi pinggir jalan depan masjid yang merupakan area steril parkir kendaraan. Foto diambil Jumat (1/4/2022). (Solopos.com/ Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Parkir jemaah Salat Jumat di Masjid Agung Madaniyah Karanganyar membludak pada Jumat (1/5/2022). Parkir para jemaah tersebut meluber hingga memenuhi pinggir jalan di kawasan Alun-alun Karanganyar, area bebas parkir.

Para jemaah mengabaikan rambu larangan parkir di kawasan tersebut. Berdasarkan pantauan Solopos.com, parkir jemaah yang disediakan di dalam area Masjid Agung Madaniyah dipenuhi kendaraan roda empat. Hanya sebagian lahan parkir digunakan untuk kendaraan sepeda motor.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Lantaran parkir di dalam area Masjid Agung Madaniyah penuh, para jemaah memarkirkan kendaraannya di sepanjang pinggir jalan depan masjid. Tak hanya itu, kendaraan roda empat para jemaah juga memenuhi pinggir kanan kiri jalan depan Kantor Bupati Karanganyar hingga Alun-alun.

Baca Juga: Jalan Depan Masjid Agung Karanganyar Semrawut, Pemkab Lakukan Ini

Salah satu jemaah asal Jatipuro, Karanganyar, Agus Riyanto, 42, terpaksa memarkirkan mobilnya di jalan depan Kantor Bupati. Sebab parkiran di area dalam Masjid Agung Madaniyah Karanganyar penuh.

“Terpaksa parkir di sini meski ada larangan parkir. Di dalam sudah penuh saya tadi sampai muter dua kali,” kata dia kepada Solopos.com.

Dia mengaku baru kali pertama salat jumat di Masjid Agung Madaniyah Karanganyar setelah rampung dibangun Pemkab Karanganyar. Dia sengaja salat di Masjid Agung Madaniyah karena penasaran ingin melihat kemegahan masjid tersebut.

“Katanya serasa di Madinah, jadi Salat Jumat di sini,” katanya.

Baca Juga: Lebih Megah, Masjid Agung Karanganyar Masih Terapkan 1 Tarawih 1 Juz?

Hal senada disampaikan warga Bekonang, Kabupaten Sukoharjo, Rusmanto, 50, yang datang bersama sejumlah saudaranya untuk Salat Jumat di Masjid Agung Madaniyah Karanganyar. “Ternyata ramai sekali di sini. Sampai cari parkir mobil saja susah,” katanya.

Dia berharap Pemkab Karanganyar menambah ruang satuan parkir bagi jemaah salat di Masjid Agung Madaniyah. Lahan parkir yang disediakan di dalam area masjid terbatas. “Mungkin saking banyaknya jemaah salat jumat. Jadi parkirnya penuh,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya