SOLOPOS.COM - Kembang api menyala menghiasi Kota Solo saat pembukaan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan,Sabtu (30/7/2022) malam. Foto diambil dari Rooftop Solo Paragon Hotel & Residence, Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyediakan sejumlah kantong parkir gratis yang dijaga petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan polisi untuk penonton acara penutupan (closing ceremony) ASEAN Para Games atau APG XI 2022 di Manahan, Sabtu (6/8/2022).

Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dishub Solo, Yulianto Nugroho, menjelaskan lokasi kantong parkir itu adalah Patung Kuda Manahan, Gedung Warastratama, SMKN 2 Solo, SMAN 4 Solo, dan Taman Parkir Balekambang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selanjutnya Kolam Renang Tirtomoyo Manahan, FKOR Universitas Sebelas Maret (UNS), Gedung Wanita Sasana Krida, SMA Regina Pacis Solo, Taman Balekambang- Jl A Yani, Pasar Burung dan Ikan Hias Depok Solo.

Kantong parkir gratis untuk penonton acara penutupan APG 2022 juga tersedia di Terminal Tirtonadi Solo, Markas Brimob (bekas Mako Polresta Solo), Stadion Sriwedari, Lokananta. Sementara ruas jalan untuk parkir yakni Jl Kepodang, Jl Gremet, Jl Menteri Supeno, dan Jl Samratulangi.

“Petugas Dishub Solo ada di tempat-tempat itu dibantu polisi,” kata Yulianto ditemui Solopos.com, Jumat (5/8/2022). Dia mengatakan warga yang menonton upacara penutupan APG 2022 bisa memakai fasilitas parkir yang telah disediakan secara gratis.

Baca Juga: Sore Ini, Kirab Peresmian Perangko APG Solo, Ada Ganjar dan Menkominfo

Lokasi parkir akan dibuka sejak siang. Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi dijadwalkan hadir pada Closing Ceremony APG 2022 di Kota Solo, akhir pekan ini. Penyelenggara menjanjikan acara penutupan lebih meriah dibanding Opening Ceremony, Sabtu (30/7/2022).

Uji PCR

“Sementara beliau [Presiden] konfirmasi hadir,” kata Directorat III Games Support APG 2022 Henry Indrayani Oka setelah bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Senin (1/8/2022).

Namun Henry masih merahasiakan siapa bintang tamu serta seniman yang akan memeriahkan acara penutupan APG 2022 di Solo tersebut. Penyelenggara mulai datang ke lokasi, yakni Stadion Manahan untuk menyiapkan beberapa peralatan.

Baca Juga: Jokowi Hadiri Penutupan APG XI Solo 2022, 1.954 Personel Disiagakan

“Kami maksimalkan pada closing supaya lebih meriah,” ujarnya. Dia mengatakan kemungkinan kapasitas pada upacara penutupan APG 2022 masih sama dengan upacara pembukaan yang berlangsung akhir pekan lalu.

Selain itu bakal ada uji PCR bagi ring satu dan uji antigen untuk ring dua pada upacara penutupan APG. Penyelenggara segera menyampaikan teknisnya lebih lanjut. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan Presiden akan menutup pada Closing Ceremony APG.

Jumlah kuota penonton sekitar 10.000 orang. “Yang ring satu dan dua saja yang wajib uji PCR dan antigen,” jelasnya. Panitia rencananya memilah penonton lewat sistem ticketing online dengan memprioritaskan yang belum menonton saat acara pembukaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya