SOLOPOS.COM - Sri Sultan Hamengku Buwono X-Gubernur DIY (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Parkir di Jogja, akan ada lahan yang lain.

Harianjogja.com, JOGJA – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan setelah beres dengan area parkir Abu Bakar Ali mereka akan mengembangkan proyek lahan parkir berikutnya. Meskipun demikian Pemda DIY masih harus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk proyek lanjutan itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ditemui di Bangsal Kepatihan Selasa (29/3/2016), Sultan mengatakan dirinya menginginkan area parkir dengan daya tampung total lebih dari 30.000 kendaraan. Gedung parkir Abu Bakar Ali dinilainya baru bisa memenuhi sebagian kecil dari target itu.

“Di sana kan hanya berapa square metre, itungannya gitu saja,” kata dia.

Sultan melanjutkan pihaknya sudah sempat menyampaikan keinginan untuk memanfaatkan area Bong Suwung yang sudah dikosongkan oleh PJKA untuk area parkir baru. Soal konsep parkir di Bong Suwung nantinya dia mengatakan akan diperlukan pembicaraan lebih lanjut apakah akan dibangun gedung parkir atau cukup dengan lahan terbuka.

“Meskipun kalau jadi yang parkir di situ harus jalan 500 meter ke Malioboro,” ungkap dia.

Selain Bong Suwung, Sultan mengatakan Pemda juga masih mencari lokasi lain untuk alternatif parkir. Nantinya lokasi itu akan memudahkan juga warga yang setiap hari ke Malioboro, baik pedagang maupun karyawan toko di sepanjang Malioboro. Sejauh ini lokasi yang dinilainya cukup potensial adalah lokasi di belakang pasar Beringharjo dan beberapa lokasi lainnya.

“Termasuk kalau kota setuju bagaimana kalau Pasar Sore berubah (jadi lokasi parkir). Kan pilihan semacam itu masih banyak,” tutur Sultan.

Keberadaan banyak alternatif baru parkir di luar Malioboro itu menurut Sultan sekaligus menjadi solusi bila saat pemindahan parkir Malioboro ke Abu Bakar Ali nanti ada jukir yang tak kebagian lahan. Mereka yang belum mendapatkan jatah lahan parkir di gedung ABA bisa menunggu proyek penataan parkir lanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya