Parjo 2015 menghadirkan berbagai lomba ketangkasan. Salah satunya lomba bongkar-pasang Jeep Willys.

Solopos.com, JAKARTA – Dalam gelaran Pasar Jongkok Otomotif (Parjo) 2015 di Senayan, Jakarta, sebuah Jeep Willys dapat dibongkar habis dalam waktu singkat, hanya 1,5 menit. Saat kembali di pasang, mobil itu masih dapat menyala dan dijalankan dengan normal.

Selain menyajikan berbagai aksesori dan onderdil kendaraan bermotor, Parjo 2015 yang digelar 11-12 April 2015 juga dimeriahkan dengan tontonan dan lomba-lomba menarik. Salah satunya adalah Massive Build Chellenge yang menantang pesertanya untuk membongkar-pasang kendaraan tempur Perang Dunia I, Jeep Willys, dalam waktu 10 menit.

Dalam tantangan yang juga kerap dilombakan di Amerika Serikat itu, hadir satu tim beranggotakan 11 pria dengan busana serba hijau sesuai tema Parjo 2015. Selain jumlah anggota kelompok yang banyak serta otot yang kuat, kekompakan juga sangat penting dalam membongkar dan memasang mobil itu secepat mungkin.

Dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, langkah pertama untuk membongkar Jeep klasik adalah dengna membuka kap mesin dan melepas kabel bodi yang tersambung pada mesin.

Setelah itu, para pria-pria bertubuh kekar itu mulai melepas bodi Willys berkelir warna green army itu. Untuk melepas bodi yang tersambung dengan rangka setidaknya membutuhkan delapan orang. Usai terpisah, bagian mesin mulai diangkat bersama-sama.

Kini Willys mulai nampak telanjang, tinggal rangka dan roda yang tersisa. Tak berlama-lama, mereka mulai melucuti roda depan dan belakang hingga akhirnya tinggal menyisakan sasis.

Prosesi pembongkaran hanya membutuhkan waktu satu menit 38 detik. Sementara waktu pemasangan sedikit lebih lama, yakni mencapai empat menit 28 detik. Hasil ini tentunya mematahkan waktu yang telah ditentukan, yaitu 10 menit.

Tidak hanya melakukan bongkar pasang, Jeep Willys tempur dalam Perang Dunia I yang khusus dihadirkan dalam Parjo 2015 oleh produsen aki Massiv Ultra itu dipastikan dapat hidup layaknya mobil normal dan dapat dijalankan.

Seperti diketahui, Parjo 2015 merupakan acara tahunan ke-4 yang mengumpulkan seluruh produsen otomotif, produsen onderdil maupun aksesori hingga penjual kendaraan bekas dalam satu tempat.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten