PARIWISATA MADIUN : Taman Wisata Umbul Jadi Madiun Umbul Square, Aneka Wahana Disajikan...

PARIWISATA MADIUN : Taman Wisata Umbul Jadi Madiun Umbul Square, Aneka Wahana Disajikan...

SOLOPOS.COM - Kincir raksasa di Objek Wisata Umbul di Dlopo, Kota Madiun (Facebook)

Pariwisata Madiun berkembang sesuai tuntutan masyarakat, Taman Wisata Umbul pun rebranding menjadi Madiun Umbul Square.

Solopos.com, SARADAN — Dukungan pelbagai pihak mendorong pariwisata Madiun terus berkembang. Taman Wisata Umbul di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun rebranding menjadi Madiun Umbul Square dengan mengusung aneka wahana baru.

Direktur Taman Wisata Umbul Madiun, R. Afri Handoko, kepada wartawan, Kamis (28/5/2015), memaparkan berbagai penataan yang dilakukan demi membuat objek wisata alam itu berkembang mantap sebagai objek wisata keluarga yang dilengkapi aneka wahana hiburan. Sejauh ini, Saat ini, Taman Wisata Umbul yang menyandang merek baru, Madiun Umbul Square itu telah dilengkapi wahana kolam renang, out bond, taman bermain, pendapa untuk beristirahat, dan kebun binatang mini.

Selanjutnya, pengelola Taman Wisata Umbul alias Madiun Umbul Square akan menambah wahana lain di objek wisata keluarga tersebut. Saat ini, ungkap Afri Handoko, pihaknya tengah menguji coba wahana roller coaster dan bioskop tiga dimensi sehingga bisa lebih sempurna beroperasi. Target antaranya adalah Lebaran 2015 mendatang, kala banyak warga Madiun Raya mudik ke kampung halaman.

Berdasarkan catatan Madiun Pos, pengembangan Taman Wisata Umbul atau Madiun Umbul Square bukan melulu didukung Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Madiun semata. Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menggelontorkan bantuan keuangan hingga Rp 7 miliar kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Madiun itu.

Sambut Pemudik
Seiring perbaikan yang dilakukan, tingkat kunjungan ke Taman Wisata Umbul diklaim Afri Handoko terus meningkat. Kini, jumlah pegunjung objek wisata Kota Madiun itu berkisar 500 hingga 1.000 orang setiap harinya dengan harga tiket masuk Rp10.000 per orang.

Jumlah tersebut biasanya naik signifikan saat akhir pekan, liburan sekolah, liburan akhir tahun, ataupun libur hari raya keagamaan. Jumlah rata-rata pengunjung saat liburan Lebaran, Natal, dan Tahun Baru bisa mencapai lebih dari 10.000 orang/hari.

“Berbagai perbaikan dan pengembangan terus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik dan nyaman kepada pengunjung, terlebih menjelang liburan Lebaran nanti," ungkap Afri Handoko.

Berdasarkan catatan UPTD Taman Wisata Umbul Madiun, jumlah akumulatif pengunjung selama tahun 2014 lalu telah menembus angka 100.000 orang. Seiring penambahan jumlah pengunjung setiap harinya, pada tahun 2015 ini, jumlah akumulatif pengunjung tersebut bisa meningkat.

 

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tak Hanya Berenang, Pengunjung Umbul Manten Klaten Juga Bisa Terapi Ikan Hlo!

Di wisata Umbul Manten Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, disediakan kolam khusus untuk terapi ikan bagi para pengunjung.

76 Kendaraan Terjaring Penyekatan di Sragen, 4 Diputar Balik

Tim gabungan menggelar penyekatan kendaraan dari Jawa Timur yang masuk wilayah Jawa Tengah melalui Sragen, pada H+2 Lebaran.

Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Terbalik, Ini Kata BPBD Boyolali

Perahu wisata di di Waduk Kedungombo wilayah Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, terbalik pada Sabtu (15/5/2021) siang.

Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 16 dan 20 Mei, Kemenhub Tingkatkan Tes Acak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meningkatkan tes antigen secara acak sebagai salah satu upaya menghadapi puncak arus mudik yang kemungkinan terjadi tanggal 16 dan 20 Mei 2021.

Liburan Jelajahi Tempat Wisata Terbaru di Grobogan

Bagi warga Grobogan, wisata di Jowo Dhuwur View menjadi destinasi pelancong dengan beragam macam wahana hiburan yang bisa dinikmati.

Para Selebritas Mualaf Ini untuk Kali Pertama Rayakan Lebaran

Sejumlah selebritas mualaf ini untuk kali pertama merayakan Lebaran.

Selama Ramadan, 300 PGOT Ditangkap Satpol PP Solo, 2 Eksploitasi Anak

Satpol PP Kota Solo selama Ramadan dan Hari H Lebaran menangkap sebanyak 300 pengemis, gelandangan, dan orang terlantar atau PGOT di Kota Solo.

H+2 Lebaran, Arus Lalu Lintas ke Wisata Kemuning-Tawangmangu Macet Lur!  

Arus kendaraan menuju ke jalur wisata Ngargoyoso dan Tawangmangu pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021) mengalami kenaikan signifikan.

Bagi-Bagi Kupat Jembut di Tradisi Syawalan Khas Semarang

Dalam Bahasa Jawa, kata jembut mungkin memiliki kesan vulgar. Namun jembut di sini rupaya adalah jenis makanan.

Perahu Wisata di Waduk Kedung Ombo Kemusu Boyolali Tenggelam Diduga Kelebihan Muatan

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedung Ombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Permasalahan Pembayaran THR Banyak Dialami UMKM, Pemerintah Harus Hadir

Pemerintah harus hadir secara langsung untuk menangani masalah pembayaran THR keagamaan bagi perusahaan-perusahaan di segmen UMKM yang tidak mampu melakukan pembayaran sesuai ketentuan.

Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam, 9 Orang Hilang

Sembilan penumpang perahu wisata di Waduk Kedungombo, Kemusu, Boyolali, yang tenggelam, Sabtu (15/5/2021) hilang.