SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pariwisata Kudus akan diramaikan dengan dua objek wisata yang kemungkinan dikelola swasta.

Kanalsemarang.com, KUDUS-Dua objek wisata milik Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memungkinkan pengelolaannya diserahkan kepada pihak swasta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Keduanya, yakni objek wisata Museum Kretek dan Taman Krida,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, Sunardi, Senin (24/8/2015).

Sementara objek wisata lainnya, kata dia, seperti objek wisata Colo dan Patiayam peluang diserahkan kepada pihak swasta masih sangat kecil, mengingat pengembangannya juga harus mempertimbangkan faktor lingkungan.

Untuk menyerahkan pengelolaan objek wisata kepada pihak ketiga, lanjut dia, perlu kajian, termasuk penyediaan payung hukumnya.

Apabila ada payung hukumnya, lanjut dia, dalam perjanjiannya nanti juga perlu dipertimbangkan aset yang sudah ada harus tetap dijaga serta pihak swasta memungkinkan menambah atau memperbaikinya agar daya tariknya juga semakin meningkat.

Selama ini, kata dia, upaya pengembangan masih terkendala oleh keterbatasan anggaran.

Pertimbangan utama menyerahkan pengelolaan objek wisata kepada pihak ketiga, kata dia, memang harus ada jaminan pengelolaannya menjadi lebih baik dibandingkan ketika masih dikelola pemkab.

Selain itu, lanjut dia, pendapatan asli daerah (PAD) dari objek wisata tersebut tentunya juga harus lebih baik dibanding sebelumnya.

“Kami juga perlu meminta persetujuan dengan DPRD Kudus terkait pengelolaan objek wisata tersebut kepada pihak swasta,” ujarnya.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, DPRD Kudus memang mendorong agar sejumlah objek wisata diserahkan pengelolaannya kepada pihak ketiga mengingat sejumlah objek wisata milik pemkab di luar daerah mampu berkembang pesat ketika pengelolaannya diserahkan kepada pihak ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya