PARIWISATA BANYUMAS : Dewan Nilai Fasilitas Pariwisata Belum Optimal

PARIWISATA BANYUMAS : Dewan Nilai Fasilitas Pariwisata Belum Optimal

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Pariwisata Banyumas dinilai DPRD belum dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang memadai. DPRD setempat menilai Banyumas belum siap dengan objek wisata alternatif selain Baturraden

 

Solopos.com, PURWOKERTO- Anggota Komisi D DPRD Banyumas, Jawa Tengah, Didi Rudianto menilai pengelolaan pariwisata di kabupaten beserta fasilitas pendukungnya belum maksimal.

"Saya pikir Banyumas masih belum siap dengan objek wisata alternatif selain Baturraden. Kita ingin ada semacam wisata kuliner yang terpadu karena selama ini saya lihat hanya untuk kegiatan malam saja," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas seperti dikutip Antara, Minggu (10/5/2015).

Selama ini di Banyumas, kata dia, rombongan wisatawan besar masih kesulitan mencari rumah makan siap saji dengan harga paket yang cukup murah seperti menu prasmanan seharga Rp16.000-Rp20.000/orang.

Selain itu, lanjut dia, fasilitas di Lokawisata Baturraden saat ini sudah menemui titik kejenuhan.

"Lokawisata Baturraden kan berkonsep wisata alam tetapi dalam konteks pembangunannya tidak bersentuhan dengan konsep alam. Contohnya di 'waterpark' sentuhan alamnya masih kurang, kemudian pedagang yang ada di sekitar Lokawisata Baturraden yang semakin hari makin bertambah sehingga di setiap pohon peneduh pasti ada pedagang," kata dia yang juga menjabat sebagai Penasihat Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Kabupaten Banyumas.

Dengan demikian, kata dia, wisatawannya kepanasan sedangkan pedagangnya bisa berteduh di bawah pohon.

Menurut dia, penanganan jalan provinsi yang menghubungkan kota Purwokerto dan Lokawisata Baturraden terlihat sangat lambat sehingga sering menimbulkan ketidaknyamanan perjalanan wisatawan.

Sementara dari sisi promosi, lanjut dia, laman khusus informasi wisata yang dikelola Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas jarang diperbarui dengan baik.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balikĀ  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.