SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja memprediksikan angka partisipasi pemilih di Kota Jogja dalam Pilkada kali ini meningkat dari pelaksanaan Pilkada 2006.

Anggota Divisi Data Informasi dan Humas KPU Kota Jogja, Titok Haryato menjelaskan, saat ini pihaknya belum dapat melakukan pendataan secara menyeluruh terkait tingkat partisipasi pemilih Pilkada Kota Jogja. Hal itu disebabkan karena seluruh data kebutuhan penghitungan partisipasi pemilih masih dalam proses rakapitulasi di Kecamatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun menurut Titok, dari penghitungan real count yang dilakukan menyasar pada 70 persen TPS menunjukkan ada kenaikan jumlah paritisipasi pemilih. Sesuai real count tersebut diperoleh tingkat partisipasi pemilih sebanyak 63,60%. Titok menambahkan, tingkatan partisipasi itu masih dapat bertambah mengingat perhitungan manual belum mencakup seluruh TPS. Sebelum pelaksanaan Pilkada kemarin, KPU menargetkan tingkat partisipasi pemilih mencapai angka 70%.

“Data partisipasi pemilih belum dapat kami peroleh secara pasti, namun sesuai data real count yang menggunakan sampling 70 persen data kemarin menunjukkan angka partisipasi pemilih mencapai 63,60 persen. Jumlah itupun masih bisa bertambah karena penghitungan belum mencakup seluruh TPS,” katanya.

Sesuai data di KPU angka partisipasi pemilihan di Kota Jogja pada pilkada 2006 hanya 53,62%. Tingkatan partisipasi itu menurut sejumlah pihak sangat rendah. Mengingat kemudahan akses dan informasi di Kota Jogja ini dinilai mustahil tidak melek politik.(Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya