Parasite Dituduh Plagiat Film Bollywood
Film Minsara Kanna. (Istimewa)

Solopos.com, SEOUL - Film pemenang Oscar 2020, Parasite, menghadapi tuntutan perusahaan asal India. Film arahan Bong Joon Ho itu ditudiuh melakukan plagiat terhadap film India, Minsara Kanna.

Hal ini berawal dari laporan media India Today yang menyatakan bahwa produser Minsara Kanna P.L. Thenappan telah menuduh Parasite memplagiat filmnya. Produser P.L. Thenappan bahkan menyatakan tekadnya untuk membawa kasus ini ke meja hijau.

Menang Oscar 2020, Parasite Melesat Cetak Rekor Box Office Satu Dekade

"Aku melihat film Korea Selatan Parasite dan aku rasa mereka telah mencuri inti dari film Minsara Kanna. Aku sedang berdiskusi dengan pengacara internasional dan berencana mengajukan kasus terhadap produsen Parasite segera," jelas produser P.L. Thenappan seperti yang dikutip India Today.

Intinya, P.L. Thenappan mengklaim bahwa Parasite merupakan sebuah rip-off dan meniru film Minsara Kanna. Menurutnya kedua film ini memiliki alur yang sangat mirip meski tak menjelaskan detailnya.

Wajib Tahu! Ini Kritik Sosial di Balik Film Parasite

Di sisi lain, sutradara film Minsara Kanna merasa bahagia karena Parasite telah memenangkan empat piala Oscar. Namun soal tindakan hukum, ia tak memiliki kewenangan untuk ikut campur.

"Aku senang bahwa cerita itu [Parasite] telah menerima penghargaan Oscar, meskipun itu [Minsara Kanna] menjadi inspirasi. Namun, mengajukan kasus [ke meja hijau] tergantung pada produsen," terang sutradara K.S. Ravikumar.

Daftar Peraih Oscars 2020: Kejutan Dominasi Film Asal Korsel Parasite

India Today juga mengungkapkan pendapatnya soal klaim ini. "Walaupun alur ceritanya mirip, motif karakter di kedua film tersebut sangat berbeda," tulis laporan di India Today.

Sehubungan dengan tudingan tersebut, perusahaan produksi Parasite yakni CJ Entertainment akhirnya angkat suara. Perwakilan CJ Entertainment menyatakan bahwa mereka belum bisa berkomentar banyak karena belum menerima informasi yang lebih detail.

Kucumbu Tubuh Indahku Bersaing dengan Parasite di Oscar 2020

"Kami tidak memiliki pengetahuan tentang klaim plagiarisme dari sebuah film India. Kami belum menerima informasi mengenai masalah ini," terang sumber dari CJ Entertainment.

Minsara Kanna adalah film yang dirilis pada tahun 1999 lalu. Film ini menceritakan tentang seorang pria muda yang jatuh cinta dengan seorang wanita dari keluarga kaya.

Untuk membujuk keluarganya, dia menyembunyikan identitasnya dengan bekerja sebagai pengawal. Saudara-saudaranya juga bekerja di sana sebagai asisten rumah tangga dan koki.

Film Korsel Parasite Jadi yang Terbaik di Festival Cannes 2019


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho