SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Nadhiroh/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Nadhiroh/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR--Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara meminta penangguhan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) tahap I dan II di Karanganyar. Pilkades Tahan I bakal digelar Desember 2012.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hal ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas warga karena banyaknya event politik seperti Pilkada dan Pilgub Jateng yang digelar secara berurutan.

“Kami sudah mengirim surat ke Bupati yang intinya meminta penangguhan pelaksana Pilkades,” kata Sekretaris Parade Nusantara Karanganyar, Heru Langgeng saat ditemui Solopos.com, Rabu (12/9/2012).

Surat tersebut dikirim ke Setda Karanganyar pada Senin (10/9/2012) lalu. Ia menguraikan terdapat beberapa alasan terkait penangguhan pelaksanaan Pilkades yakni Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Desa masih dibahas DPR. Kemungkinan RUU tersebut bakal disahkan akhir 2012.

Selain itu, untuk menjaga kondusifitas warga di setiap wilayah. Beberapa event politik yang digelar secara berurutan pada 2013 bakal membingungkan para warga terutama pemilih pemula. Semestinya Pilkades digelar setelah Pilgub Jateng 2013 sehingga warga tidak merasa bingung.

Sementara Kepala Bagian Pemerintah Desa Setda Karanganyar, Sunarno, mengatakan Pilkades tahap I dilaksanakan pada Desember 2012 di 55 desa se-Karanganyar. Pihaknya telah mengetahui Parade Nusantara mengirim surat ke Bupati yang berisi penangguhan Pilkades tahap I maupun II. Saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan Bupati terkait penangguhan tersebut. Sebab kewenangan sepenuhnya berada di Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya