Parade 1.000 Obor Sambut 1 Sura di Pasar Bahulak Sragen

Pemerintah Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen mengadakan parade 1.000 obor di malam 1 Sura untuk menambah daya tarik Pasar Bahulak.

 Seribuan warga membawa obor memasuki Pasar Bahulak setelah berkeliling desa sejauh empat kilometer untuk menyambut 1 Sura atau Tahun Baru Islam di Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen, Jumat (29/7/2022). (Istimewa/Pemdes Karungan)

SOLOPOS.COM - Seribuan warga membawa obor memasuki Pasar Bahulak setelah berkeliling desa sejauh empat kilometer untuk menyambut 1 Sura atau Tahun Baru Islam di Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen, Jumat (29/7/2022). (Istimewa/Pemdes Karungan)

Solopos.com, SRAGEN — Malam 1 Sura atau 1 Muharam dimanfaatkan warga Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen dengan menggelar kegiatan unik. Mereka mangadakan parade 1.000 obor dengan start dan finis di Pasar Bahulak.

Parade 1.000 obor itu dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sragen, H. Suroto, didampingi Camat Plupuh, Edy Purwanto, bersama Kapolsek Plupuh, Iptu Suparno dan Danramil Plupuh, Kapten Suparno. Parade itu dimulai dengan penyalaan obor secara simbolis yang dibawa Kades Karungan, Joko Sunarso, oleh Wabup. Begitu obor Kades Karungan menyala maka seribuan obor lainnya ikut menyala secara serempak.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Ini merupakan momentum spesial di Pasar Bahulak yang dibuka untuk umum. Pada momentum 1 Sura ini kami membuka Pasar Bahulak di malam hari. Parade 1.000 obor itu berkeliling desa dengan start dan finis di Pasar Bahulak. Parade obor itu dilakukan dengan menempuh perjalanan sejauh empat kilometer,” ujar Joko kepada Solopos.com, Jumat (29/7/2022) malam.

Joko menyebut parade 1.000 obor itu diikuti sekitar 1.200 orang warga. Selama berjalan mengelilingi desa, para warga berselawat kepada Nabi Muhammad SAW. Joko berharap parade 1.000 obor itu menjadi daya tarik baru di Desa Karungan setiap momentum 1 Sura.

Baca Juga: Serba-Serbi Gablok, Makanan Khas Sragen Murah Meriah Bikin Ketagihan

“Kami mengamati setiap momentum 1 Sura banyak warga yang melakukan tirakat jalan kaki. Sebagian keliling kampung. Sebagian cuma sebatas keluar untuk memanfaatkan momentum malam Tahun Baru Islam. Kemudian ide-ide itu kami tampung untuk dijadikan inspirasi dalam ritual keliling desa dengan membawa bekal obor oleh ketua RT masing-masing se-Desa Karungan,” jelas Joko.

Semua obor yang dipakai dibuat dari bambu. Untuk bahan bakarnya menggunakan solar dicampur sedikit pertalite. “Pemerintah desa menyediakan 150 liter dan warga menyiapkan 100 liter sehingga totalnya ada 250 liter BBM,” kata Joko.

Sementara di Masjid Al Falah Sragen memiliki kegiatan yang berbeda dilakukan menyambut Tahun Baru Islam. Jemaah Masjid Al Falah mengemas kegiatan itu dengan acara khataman Al-Qur’an bersama, satnight, ekspo kuliner, hingga pasar sandang murah.

Baca Juga: Dilema Pasar Banaran Sragen, Hidup Segan Mati Tak Mau

Direktur Masjid Al Falah Sragen, Lutfi Urbani, mengatakan rangkaian acara itu berlangsung selama tiga hari. Khataman Al-Qur’an melibatkan 500 orang dan 100 orang anak yatim. Siapa saja bisa iktu bergabung mengikuti acara khataman Al-Quran.

“Intinya mengalir saja. Untuk stan kuliner disiapkan 37 unit. Kalau untuk stan sandang hanya satu unit karena dari internal. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Simpang Joglo Solo Ditutup 3 Bulan, Ini Rute Pengalihan Kendaraan Berat

    Kementerian Perhubungan telah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas pengalihan kendaraan berat saat simpang Joglo ditutup total selama tiga bulan.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perangkat Desa di Eks Kawedanan Kota Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Kota Klaten.

    Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Gondang Winangun Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Gondang Winangun, Klaten.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perangkat Desa di Eks Kawedanan Pedan Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Pedan, Klaten.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Jatinom Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Jatinom, Klaten.

    Rumah dan Kandang di Tanon Sragen Terbakar, 1 Ekor Sapi Terpanggang

    Rumah dan kandang ternak milik warga Dukuh Dayan, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah terbakar pada Minggu (7/8/2022).

    Meriah! Ratusan Orang Kunjungi Bedoro Festival Fair Sambungmacan Sragen

    Ratusan orang menghadiri Bedoro Festival Fair yang diselenggarakan di Lapangan Tunjungsemi, Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, pada Minggu (7/8/2022).

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Delanggu Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Delanggu, Klaten.

    Malam Puncak Grand Final Putra Putri Solo 2022, Meriah tapi Khidmat

    Malam puncak grand final pemilihan Putra Putri Solo 2022 di Balai Kota Solo berlangsung meriah dihadiri Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire.

    Kisah Sukses Penjual Kesemek Selo Boyolali, Tembus Pasar Singapura

    Kisah sukses ini berasal dari Rina dan keluarganya di Desa/Kecamatan Selo, Boyolali yang kesehariannya berjualan buah kesemek.

    Alasan DLH Solo Usulkan CFD Tanpa Pedagang, Hanya Masalah Sampah?

    Persoalan rendahnya kesadaran pedagang dan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu alasan DLH Solo usulkan CFD tanpa pedagang.

    Bakal Ditutup Total 3 Bulan, Begini Pengaturan Lalin Simpang Joglo Solo

    Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas saat simpang Joglo, Banjarsari, Solo, ditutup total selama tiga bulan.

    Jadi Ikon Desa! 14 Kelompok Ikuti Festival Gejog Lesung Barepan Klaten

    Sebanyak 14 kelompok mengikuti Festival Gejog Lesung yang digelar di Pendapa Alun-alun Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten, Minggu (7/8/2022) siang.

    Wah, Pelopor Karawitan Jangglengan Sukoharjo Ternyata Penjual Bakso

    Munculnya kelompok karawitan di Desa Jangglengan, Nguter, Sukoharjo, dipelopori oleh seorang warga yang pernah merantau di Bandung sebagai penjual bakso.

    Simpang Joglo Solo Ditutup 3 Bulan untuk Rel Layang, Catat Jadwalnya!

    BTP Jabagteng telah menyiapkan linimasa pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, yang salah satunya berdampak penutupan total simpang tujuh itu selama tiga bulan.