SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ACCRA–Partai politik di Ghana telah menyampaikan keterkejutan mereka atas meninggalnya Presiden John Evans Atta Mills pada Selasa (24/7).
Kepala Staf di Dewan Presiden Henry Martey Newman mengumumkan meninggalnya presiden Ghana tersebut dan mengatakan Mills meninggal di rumah sakit Militer 37 di Ibu Kota Ghana, Accra, sewaktu mendapat perawatan medis setelah jatuh sakit.
Partai oposisi terbesar di Ghana, Partai Patriotik Baru (NPP) juga menyampaikan kesedihan atas kehilangan yang dialami Ghana dan menyampaikan belasungkawa paling dalam kepada istri dan keluarga Mills serta Kongres Demokratik Nasional (NDC), yang memerintah.
Partai tersebut menyatakan sebagai tanda penghormatannya, NPP segera menghentikan perayaan ulang tahun ke-20-nya dan calon presidennya, Nanan Akufo-Addo, juga telah menghentikan kampanyenya.
“Kami menyeru saudara kami, sesama warga Ghana, di dalam dan di luar negeri dan teman-teman Ghana untuk bergabung dengan kami dan mendoakan arwahnya agar dapat beristirahat dengan tenang,” kata partai itu di dalam pernyataan yang ditandatangani oleh Ketuanya Jake Obetsebi Lamptey.
Sekretaris Jenderal Partai Konvensi Rakyat (CPP) Ivor Greenstreet menggambarkan kejadian itu sebagai hari sedih bagi Ghana dan NDC, demikian laporan Xinhua Rabu (25/07).
“Ini adalah kehilangan besar buat kita semua,” kata Greenstreet kepada radio setempat. “Kami berharap kejadian ini akan mempersatukan kita sebagai satu bangsa.
Presiden Ghana John Evans Atta Mills –yang baru saja merayakan ulang tahun ke-68-nya– dicalonkan untuk maju dalam pemilihan presiden tahun ini, yang dijadwalkan diselenggarakan 7 Desember.
Ia dilantik pada 7 Januari 2009 sebagai Presiden keempat Ghana, setelah mengalahkan calon dari partai yang memerintah Nana Addo Danguah Akuffo Addo dalam pemilihan umum 2008.
Undang-Undang Dasar Ghana memandatkan parlemen untuk mengambil sumpah Wakil Presiden John Dramani Mahama sebagai Presiden Republik Ghana, dalam upacara yang dijadwalkan diadakan di Parlemen, Rabu malam. (Antara/Bsi)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya