SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual beli mobil bekas. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Tidak selalu membeli sesuatu itu harus baru, bekas pun bisa menjadi pilihan. Terutama untuk kendaraan seperti mobil yang memiliki harga mahal. Beli mobil bekas bisa menjadi salah satu solusi buat yang memiliki budget yang sangat terbatas.

Banyak sekali keuntungan serta kerugian saat membeli mobil bekas maka dari itu tulisan ini akan membahas beberapa tips sebelum beli mobil bekas.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Supaya kamu tidak mengalami kerugian di masa mendatang, apalagi memilih mobil bekas yang bagus merupakan sebuah tantangan sendiri. Banyak sekali faktor yang harus diperhatikan sebelum akhirnya kita bisa memilih mobil tersebut.

Tips Membeli Mobil Bekas bagi Pemula

Buat pemula yang tidak paham tentang dunia otomotif pasti bingung, apakah mobil bekas yang dijual termasuk bagus dan layak atau tidak? Nah, berikut ini tips beli mobil bekas bagi pemula.

1. Jangan Tertipu Harga Murah

Terkadang seseorang memilih untuk beli mobil bekas karena harganya. Pasalnya, mobil bekas biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan mobil baru dengan merk yang sama.

Sayangnya, harga murah bukan menjadi patokan apakah mobil tersebut bagus atau tidak, begitu juga mobil bekas dengan harga yang mahal. Maka dari itu, usahakan untuk selalu berhati-hati dengan mobil bekas dengan harga murah.

Untuk mengetahui harga pasaran dari sebuah mobil bekas, sebaiknya kamu bertanya kepada komunitas yang ada di sosial media, forum ataupun langsung kepada beberapa dealer penjual mobil dengan merk yang sama.

Nantinya akan ditemukan kisaran harga dari mobil tersebut. Dari sanalah kamu bisa memastikan apakah harga mobil bekas tersebut wajar atau tidak.

2. Periksa Riwayat Kendaraan

Sebelum beli mobil bekas, pastikan untuk memeriksa riwayat kendaraan tersebut, yaitu riwayat servis. Bila mobil tersebut selalu diservis melalui bengkel resmi maka bisa dipastikan kalau kondisi mobilnya termasuk bagus.

Selain itu, dari riwayat ini pun juga diketahui sebagian besar kondisi mobilnya. Yang perlu diketahui adalah setiap merk mobil memiliki cara sendiri untuk mengecek setiap riwayat servis dari mobilnya.

Selain itu apabila kondisi mobil sempat mengalami servis berat akibat kecelakaan, banjir atau memang tidak dirawat alangkah baiknya untuk dihindari.

3. Pastikan Memiliki Surat Lengkap

Kelengkapan surat dari mobil yang hendak dibeli merupakan salah satu hal yang sangat penting.

Karena itu, pastikan kalau mobil bekas yang ingin dibeli memiliki surat atau dokumen yang lengkap seperti STNK, BPKB serta dokumen lainnya yang diperlukan. Periksa juga apakah surat tersebut memang benar sesuai dengan kepemilikan sebelumnya.

Jangan lupa untuk mencocokkan nomor rangka serta mesin dari mobil bekas yang ingin dibeli sudah sesuai dengan nomor yang tertera di STNK serta BPKB.

Hindari membeli mobil bekas yang tidak memiliki surat lengkap. Selain karena asal mobil yang tidak pasti, proses pengurusan suratnya pun akan cukup rumit dan bisa menjadi masalah di kemudian hari.

4. Periksa Kondisi Mobil

Kondisi mobil jangan sampai lewat dari daftar checklist kamu saat membeli mobil bekas. Periksalah kondisi mobil tersebut mulai dari ban, interior kendaraan, eksterior sampai kondisi mesin.

Jadilah pembeli yang bijak, supaya mobil yang dibeli benar-benar bagus dan terawat.

5. Uji Coba Mobil Tersebut

Langkah terakhir dari tips beli mobil bekas ini adalah untuk melakukan test drive atau uji coba. Karena dengan mengendarai mobil yang dimaksud, kamu akan paham dan mengerti kondisi mobilnya saat digunakan.

Di saat melakukan tahap uji coba, perhatikan dan rasakan kondisi mobilnya karena kamu akan mengetahui kenyamanan mobilnya mulai dari handling, performa dan faktor lain yang tidak kalah penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya