SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan optimal. Agar anak bisa dengan baik dan optimal sesuai yang diharapkan tentu butuh usaha dari orang tua.

Untuk mendukung tumbuh kembang anak, peran gizi menjadi sangat penting. Ada beberapa faktor yang harus dipenuhi dalam mendukung tumbuh kembang anak. Di antaranya adalah faktor stimulasi adekuat dan faktor pemenuhan gizi yang adekuat atau mengandung gizi yang lengkap dan seimbang.

Hal itu terungkap pada Health Talk Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dengan tema Peran Asupan Gizi Untuk Tumbuh Kembang Anak, hal tersebut dibahas secara lengkap oleh narasumber, yakni Dokter Anak Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Debby Andina Landiasari, Sp.A.

“Pada 1.000 hari pertama kehidupan, kebutuhan gizi optimal akan mendukung perkembangan otak menjadi optimal. Tumbuh kembang otak tersebut tentu juga akan memengaruhi tumbuh kembang ke depannya,” kata dia dalam acara yang disiarkan di Youtube RS JIH Solo tersebut.

Kebutuhan asupan gizin berbeda-beda berdasarkan usianya. Pada saat anak lahir sampai usia 6 bulan sangat disarankan untuk menggunakan ASI atau air susu ibu eksklusif sesuai kebutuhan bayi. Begitu usia menginjak 6 bulan, biasanya ASI sudah tidak memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Untuk itu pada usia itu sudah mulai ditambahkan makanan pendamping (MP) ASI.

Untuk pemberian MP ASI tersebut, kalori di dalamnya juga harus disesuaikan dengan usianya. Pada usia 6-8 bulan dibutuhkan kalori sebanyak 200 kilo kalori dalam sehari.

Pada usia tersebut perbandingan antara ASI dan MP ASI masih didominasi ASI, dengan perbandingan 70% ASI dan 30% MP ASI. Tapi semakin bertambah usia, kebutuhan tersebut akan bergeser. Pada usia 9-12 bulan, perbandingan ASI dan MP ASI mulai disamakan, yakni masing-masing 50%. Saat sudah memasuki usia 12 bulan ke atas, MP ASI bisa lebih mendominasi yakni 70%, kemudian ASI berkurang menjadi 30% saja.

“Usia di atas 2 tahun, makanan padat yang memang utama,” kata dia.

Jenis nutrisi pada 1.000 hari pertama kehidupan anak juga harus diperhatikan. Menurutnya jenis nutrisi yang paling utama dipenuhi dalam masa pertumbuhan di usia tersebut adalah karbohidrat, protein terutama hewani dan lemak.

“Tiga komponen itu utama sekali untuk membantu tumbuh kembang terutama otak yang optimal. Boleh dilengkapi sayur atau buah untuk vitamin dan mineral,” kata dia.

Namun menurutnya, pada prinsipnya untuk sayur dan buah hanya sebatas pengenalan saja. Boleh ditambahkan tapi tidak bisa menggeser tiga komponen utama, yakni karbohidrat, protein hewani dan lemak.

Rekomendasi
Berita Lainnya