Para Investor Pemula Merapat! Berikut Tips Investasi Saham dari Kaesang

Kaesang Pangarep mengaku punya investasi di sektor batu bara, hiburan atau entertainment dan kupon obligasi.

Rabu, 28 September 2022 - 16:34 WIB Penulis: Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra Editor: Anik Sulistyawati | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Kaesang Pangarep. (Instagram/@kaesangp)

Solopos.com, JAKARTA — Kaesang Pangarep sudah cukup lama berkecimbung di dunia bisnis dan investasi. Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku punya investasi di sektor batu bara, hiburan atau entertainment dan kupon obligasi.

Kaesang Pangarep menyebut hampir semua pendapatannya berasal dari saham. Hal ini lantaran pajak final yang harus diurus disebut lebih mudah. Sementara untuk portofolio Kaesang menyebut tengah berinvestasi di sektor batu bara, hiburan atau entertainment dan kupon obligasi.

Dia menyebut lebih memilih untuk investasi jangka panjang dengan lebih melihat fundamental.

“Aku long term satu tahun sampe 3 tahun pegang,” ujar Kaesang, Rabu (28/9/2022). Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut sudah mengajarkan anak-anaknya untuk berinvestasi sejak usia dini.

Hal ini diungkapkan oleh Kaesang Pangarep yang merupakan putra bungsu Jokowi. Kaesang mengatakan Jokowi memang sudah menanamkan kebiasaan untuk berinvestasi kepada anak-anaknya sedari duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga: Ikut Luncurkan Saham Rakyat, Kaesang Pangarep: Investasi Saham Tidak Rumit

Namun, Kaesang menyebut Jokowi tidak pernah menyebut secara spesifik harus berinvestasi dimana. “Yang penting duit cuma jangan ditabung aja karena ditabung bunganya kan dikit deposito juga tadi cuma 4 sampai 5 persen nah makanya coba diputerin duitnya supaya bisa lebih banyak,” ujar Kaesang saat ditemui disela-sela acara peluncuran Saham Rakyat pada Selasa (27/9/2022).

Pada saat yang sama Kaesang juga memberikan sedikit tips bagi para investor pemula. Menurut Kaesang ada baiknya bagi para investor untuk mengikuti acara seperti webinar atau seminar guna menambah ilmu mengenai investasi.

Kaesang menyebut juga mengikuti kelas dari beberapa investor seperti Michael Yeoh.

Ia pun mengakui meski terkadang tidak memahami apa yang dia pelajari, tetapi setidaknya ada ilmu yang bisa dibawa.

“Ya walaupun kadang-kadang ga mudeng juga tapi setidaknya ada ilmu-ilmu dikit lah gitu,” ujar Kaesang.

Kaesang juga mengaku saat ini tengah berupaya untuk mendapatkan sertifikasi di pasar modal. Saat ini ia pun telah mengantongi sertifikasi Teknikal Analis atau Registered Technical Analyst (RTA).

Baca Juga: Kahiyang Ayu Sebut Kaesang Pangarep Belajar Gendong Bayi Jelang Nikah

Seperti diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep dan YouTuber Kevin Hendrawan digandeng Samuel Sekuritas saat meluncurkan aplikasi Saham Rakyat versi pro, yang bertujuan memudahkan masyarakat memahami investasi saham.

Kevin Hendrawan yang juga merupakan CEO Saham Rakyat mengatakan aplikasi Saham Rakyat memiliki fitur untuk mendukung transaksi yang disebut belanja saham dari para penggunanya. Fitur tersebut adalah Ide Cuan, KECUP, Group Chat, dan juga edukasi webinar.

“Pengguna dapat memanfaatkan semua fitur tersebut secara gratis,” ujar Kevin di Menara Emporium, Jakarta Selatan pada Selasa (27/9/2022) seperti dilansir Bisnis.

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif