SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengelola pendapatan (freepik)

Solopos.com , SOLO — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan edukasi mengenai perencanaan dan pengelolaan yang baik dan benar kepada masyarakat.

Salah satunya yang digelar dengan sasaran ibu rumah tangga warga Rusun Marunda Jakarta Utara, pada akhir Januari 2023 lalu. Ada beberapa tips yang disampaikan untuk mengelola keuangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tips tersebut disampaikan Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK, Horas V. M. Tarihoran. Menurutnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk pengelolaan keuangan yang baik.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya ada beberapa tip bagaimana kita merencanakan dan mengelola keuangan yang baik. Tip 10, 20, 30, 40,” kata dia dalam kegiatan tersebut yang disiarkan di Youtube Jasa Keuangan.

Tip 10,20,30,40 yang dimaksud adalah 10% untuk biaya sosial, 20% tabungan, 30% cicilan utang dan 40% biaya rumah tangga. Dengan begitu masyarakat dapat memulai dengan membagi pendapatan atau keuangannya sesuai dengan persentase tersebut.

Biaya sosial yang dimaksud bisa mencakup keperluan untuk zakat, infak, sedekah, kondangan, maupun membesuk orang sakit. “Sisihkan, taruh di amplop 10% [dari pendapatan],” kata dia.

Jangan lupa menyisihkan uang untuk tabungan atau untuk investasi dan proteksi dengan porsi 20%. Jika harus berhutang, maka bijaklah dalam berhutang dan jangan berhutang pada renternir. Kebutuhan cicilan utang tersebut diberi porsi 30%.

Kemudian terakhir adalah biaya rumah tangga dengan porsi 40%. Namun dalam mengelola kebutuhan rumah tangga tersebut, diharapkan masyarakat juga harus bijak. Diharapkan dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kemudian jangan lupa mencatat pengeluaran hariannya.

Kepala Eksekutif Pengawas Pelaku Usaha Jasa Keuangan, edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi, menyampaikan kegiatan edukasi tersebut ke depan akan rutin dilakukan. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan digelar di tempat lain di seluruh provinsi di Indonesia. “Baik nanti melalui OJK pusat atau melalui kantor-kantor regional,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya