SOLOPOS.COM - Para Caketum Hipmi Solo saling mengacungkan jempol dan bertepuk tangan dalam debat caketum yang digelar di TATV, Jumat (27/1/2023) malam. (Tangkapan Layar TA TV Youtube Streaming)

Solopos.com, SOLO — Acara debat calon ketua umum (caketum) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau Hipmi Solo periode 2023-2026 telah digelar pada Jumat (27/1/2023). Acara itu berlangsung dengan lancar dengan suasana yang cair. Bahkan para caketum pun terlihat saling mengacungkan jempol dan melempar senyum saat proses debat berlangsung.

Acara Debat Caketum Hipmi Solo 2023-2026 tersebut digelar pada Jumat malam disiarkan di Youtube TATV Streaming. Debat itu menghadirkan ketiga caketum yakni Astrid Widayani sebagai caketum nomor urut 1, Rosanto Adi sebagai caketum nomor urut 2 dan Respati Ardi sebagai caketum nomor urut 3.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara tersebut didahului dengan sambutan Ketua Umum Hipmi Solo periode 2019-2022, Guruh Adi Novianto. Guruh berharap proses pemilihan ketua umum baru untuk Hipmi Solo pada Muscab Hipmi Solo yang digelar 4 Februari 2023 nanti dapat berjalan dengan lancar.

Dia juga berharap Hipmi Solo ke depan semakin baik dan maju serta bisa berkomitmen dan berkontibusi untuk membangun Kota Solo. Hipmi Solo juga diharapkan tetap menjadi mitra strategis baik dengan Pemerintah Kota Solo maupun stakeholder lainnya.

“Dengan potensi dan inovasi serta kreativitas yang ada akan menjadi kekuatan untuk bersama-sama menjadikan Kota Solo pusat perekonomian bukan hanya di Jawa Tengah namun Indonesia,” kata dia. Menurutnya, ketiga caketum yang akan maju dalam pemilihan nantinya sama-sama memiliki potensi. Sebab, menurutnya, ketiganya merupakan kader terbaik Hipmi Solo.

“Tiga caketum ini harapan saya bisa berkompetisi secara sehat. Beradu visi, misi dan gagasan. Mempunyai output yang konstruktif, yang bagus, mempunyai hal-hal baik bahkan out of the box. Kemudian besar harapan saya bisa berkolaborasi. Perkuat kolaborasi bangkitkan ekonomi,” lanjut Guruh.

Menurutnya masa jabatan tiga tahun sebagai ketua umum Hipmi adalah untuk masa depan Hipmi selamanya. Kebersamaan dan persaudaraan, menurutnya harus menjadi hal di atas segalanya.

Debat yang dimoderatori oleh Anas Syahirul itu melibatkan tiga panelis yakni Ketua Umum Hipmi Solo periode 2000-2003, Dewanto Kusuma Wibowo; dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS, Mulyanto dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Solo, Wahyu Kristina.

Debat dilakukan dalam lima sesi. Sesi pertama adalah penyampaian visi dan misi masing-masing caketum. Dilanjutkan sesi kedua, yakni menjawab pertanyaan yang dibacakan moderator.

Sesi ketiga dilakukan dengan penyampaian pertanyaan oleh ketiga panelis kepada ketiga caketum. Sedangkan sesi keempat merupakan sesi tanya jawab oleh masing-masing caketum. Di mana setiap caketum diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan kepada caketum lainnya secara bergantian.

Debat kemudian ditutup dengan sesi kelima, yakni penyampaian pernyataan penutup oleh masing-masing caketum. Beberapa hal yang diulas dalam debat adalah seputar masalah ekonomi khususnya di Kota Solo.

Seperti tentang upaya mengangkat UMKM, kolaborasi antar wilayah terkait pembangunan ekonomi, serta branding untuk Kota Solo ke depan. Muncul juga beberapa pertanyaan mengenai fenomena tren pakaian bekas atau thrifting, serta upaya mengentaskan kemiskinan dan pengangguran di Kota Solo.

Terlihat masing-masing caketum bisa memberikan jawaban dan menyampaikan tanggapannya atas semua pertanyaan yang diberikan dengan lancar. Mereka menyampaikan jawaban sesuai pandangannya dan visi serta misi yang diusung.

Debat berlangsung dengan suasana cair, tanpa ada ketegangan. Bahkan para caketum terlihat beberapa kali saling memberikan apresiasi dengan tepuk tangan, hingga saling mengacungkan jempol.

Sementara itu dalam penutupnya, para caketum kompak mendukung rasa kebersamaan dan kekeluargaan di dalam organisasi. Astrid menyatakan kesiapannya untuk maju dalam pemilihan Ketua Umum Hipmi Solo. Namun dia juga menyatakan siap untuk bersanding dan bekerja sama nantinya untuk Hipmi ke depan. “Saya siap bertanding, siap bersanding dan bersatu untuk Hipmi Solo,” kata Astrid.

Sedangkan Rosanto berharap kekeluargaan harus tetap dijaga. “Mari kita bersama-sama berkolaborasi, saiapapun orangnya kita adalah pemenang dalam proses kehidupan ini. Mari berikan yang terbaik untuk Hipmi. Jaga kekeluargaan kita, jaga silaturahmi, menjadikan Hipmi rumah kita,” kata dia.

Pernyataan senada pun disampaikan Respati. “Samarkan perbedakan, ciptakan keragaman, cintailah pertemanan. Pilihlah dengan hati,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya