SOLOPOS.COM - Maia Estianty. (Instagram/@maiaestiantyreal)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah artis yang merupakan keturunan pahlawan. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Mumpung sudah dekat dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI, tak ada salahnya mengenang jasa para pahlawan. Berkat jasa mereka, Indonesia bisa meraih kemerdekaan dan membebaskan diri dari penjajahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut ini sejumlah artis yang merupakan keturunan pahlawan seperti dikutip dari berbagai sumber pada Selasa (2/8/2022):

1. Maia Estianty

Maia Estianty adalah cicit H.O.S Cokroaminoto. Nama aslinya Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, beliau merupakan pemimpin organisasi Sarekat Islam. Selain berjasa untuk negara, H.O.S Cokroaminoto dikenal sebagai sosok yang mengajarkan akhlak mulia bahkan kepada keluarganya. Maia juga merupakan cucu Siti Oetari Tjokroaminoto, istri pertama Soekarno.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Maia Estianty Akhirnya Diizinkan Pulang ke Rumah

Di salah satu unggahan kanal Youtube Maia AlElDul TV pada 2020 memperlihatkan Al El dan Dul melakukan ziarah ke makam H.O.S. Cokroaminoto. “Minta maaf sama eyang karena cicit-cicitnya masih banyak dosa, masih belum meneruskan perjuangan eyang,” tutur Dul dikutip dari kanal Youtube Maia Aleldul TV pada Selasa (2/8/2022).

2. Dian Sastrowardoyo

Siapa sih yang nggak kenal sama Dian Sastrowardoyo? Bintang film Ada Apa dengan Cinta? itu merupakan cucu dari Prof. Sunario Sastrowardoyo lho. Selain diberi gelar pahlawan Nasional, kakek Dian Sastro juga merupakan mantan Menteri Luar Negeri ke-7 dan Menteri Perdagangan ke-12. Prof. Sunario juga pernah menjabat Rektor Universitas Diponegoro Semarang pada 1963 serta Duta Besar Indonesia untuk Inggris.

Baca Juga: Dian Sastro Dikabarkan Terlibat di Gadis Kretek Netflix

3. Karina Salim

Artis berikutnya yang masih keturunan pahlawan adalah Karina Salim. Wanita bernama lengkap Karlina Ekaputri Salim itu adalah cicit dari H. Agus Salim, anggota panitia 9 BPUPKI. Kakek buyut Karina merupakan sosok yang penting dalam sejarah Indonesia. Ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 27 Desember 1961, H. Agus Salim juga pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia. Karina sendiri dikenal sebagai aktris yang berbakat.

4. Asri Welas

Asri Welas dikenal sebagai artis yang kocak. Namun siapa yang menyangka bahwa Asri merupakan keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro. Ini diketahui dari pohon jalar yang ditanam di rumah neneknya, menandakan bahwa mereka adalah keturunan Pangeran Diponegoro. Pohon itu ternyata menjadi penanda keturunan pahlawan asal Yogyakarta tersebut untuk mengelabui penjajah.

Baca Juga: Foto Dicatut Orang, Asri Welas: Sosial Media Sekarang Ini Kejam

5. Paundrakarna

Paundrakarna memiliki nama asli G.R.M Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara. Ia merupakan putra sulung dari Raja Pura Mangkunegaran Solo. Selain berdarah ningrat, Paundrakarna merupakan cucu Presiden Soekarno dari pernikahan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX dengan Sukmawati Soekarnoputri.

6. Nia Dinata

Artis keturunan pahlawan nasional berikutnya adalah Nia Dinata. Sutradara kondang itu merupakan cicit dari Otto Iskandar Dinata yang dikenal sebagai Si Jalak Harupat. Beliau tercatat sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Nia Dinata sendiri punya nama asli Nurkumiati Aisyah Dewi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya