SOLOPOS.COM - Papua Nugini (lonelyplanet.com)

PAPUA NUGINI- Papua Nugini diguncang gempa berkekuatan 7,3 skala Richter (SR) hari ini pukul 16.04 waktu setempat, atau pukul 13.04 WIB. Namun, gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dilansir dari New Zealand Herald, Rabu (14/12/2011), pusat gempa sedalam 115 kilometer ini berada di utara ibukota Port Moresby. Kerusakan akibat gempa diperkirakan mencapai radius 122 kilometer.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gempa mengguncang selama 1,5 menit, seperti dimuat harian The Australian. Saksi mata menyebutkan, orang-orang berlarian panik keluar gedung, tiang listrik berguncang, dan mobil-mobil bergetar hebat saat gempa terjadi. Belum ada laporan korban luka akibat gempa.

Guncangan ternyata juga dirasakan oleh orang-orang yang tinggal sejauh 1.523 kilometer jauhnya dari pusat gempa. Badan Survei Geologi AS yang berbasis di Hawaii menyatakan, gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Gempa bumi merupakan fenomena yang cukup umum di Papua Nugini. Sebabnya, negara ini berada dalam struktur cincin api yang melintas Samudra Pasifik. VIVAnews

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya