SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Proses Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Diponegoro (Undip) periode 2019-2024 memasuki tahap pemaparan program kerja kandidat, Selasa (15/1/2019). Prof. Yos Johan Utama, yang menjadi kandidat tunggal sekaligus calon petahana Pilrek pun memberikan pemaparan program kerjanya di depan civitas academica Undip di Gedung Prof. Soedharto, Kampus Undip, Tembalang, Semarang.

Dalam paparannya itu, Yos menyebutkan beberapa keberhasilan yang dicapai Undip selama masa kepemimpinannya. Salah satunya, yakni menembus posisi lima besar dalam daftar perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik Tanah Air atau naik lima tingkat dari posisi sebelumnya, 10 besar.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Ke depan, Yos menargetkan Undip bisa menembus posisi 500 dunia. Untuk mencapai target itu, Undip perlu memperbaiki semua regulasi di seluruh aspek, seperti sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, sistem keuangan, tata kelola birokrasi, sistem informasi, hilirisasi hasil riset, dan penambahan jumlah doktor serta guru besar.

“Tantangan ke depan tentu makin berat, namun kami akan terus meningkatkan prestasi publikasi ilmiah sejalan dengan tuntutan universitas riset, baik prestasi di internal maupun eksternal, yakni pengabdian kepada masyarakat,” ujar mantan Dekan Fakultas Hukum (FH) Undip itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilrek Undip, Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudono, mengatakan penyampaian program kerja 2019-2024 merupakan salah satu tahapan dalam Pilrek Undip. Sejak Undip menyandang status PTN Badan Hukum (BH), kegiatan Pilrek dilakukan Majelis Wali Amanat (MWA) dan paparan bakal calon merupakan rangkaian kegiatan itu.

“Jadi paparan bakal calon rektor ini merupakan rangkaian dari kegiatan pilrek yang telah dilaksanakan sejak Oktober 2018 atau lima bulan sebelum berakhir masa jabatan rektor periode 2014-2019. Tujuannya adalah mencari calon terbaik bagi Undip sebagai world class university,” tutur Prof. Bambang.

Kegiatan paparan bakal calon rektor dengan tajuk Undip Menuju 500 Besar World University Rank ini turut menghadirkan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, staf ahli Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), alumni Undip, serta perwakilan mahasiswa dan dosen.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya