SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, KLATEN—Mendekati puncak Lebaran, ribuan pemudik yang menggunakan alat transportasi kereta api (KA) mulai memadati Stasiun Kota Klaten, Minggu (27/7/2014) pagi. Tercatat, selama tiga hari terakhir jumlah pemudik terus mengalami peningkatan sekitar 5% dibandingkan hari biasanya.

Pantauan solopos.com, Minggu, ratusan pemudik mulai tiba di Stasiun Kota Klaten sejak pagi. Mereka turun dari kereta api dengan membawa sejumlah bungkusan besar dan koper di tangan mereka.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mayoritas pemudik berasal dari tiga kota besar yakni Jakarta, Bandung dan Surabaya. Mereka pulang ke kampung halaman dengan menggunakan sejumlah kereta api seperti Lodaya, Senja Utama, Argolawu dan Senja Bengawan.

Kepala Stasiun Kereta Api Klaten, Wagimin, mengatakan selama tiga hari terakhir, jumlah pemudik yang turun di Klaten selalu berada di atas 900 orang. Jumlah tersebut meningkat 5% dibandingkan hari biasanya.
Tercatat, pada H-2 ada 939 penumpang yang turun di Klaten, H-3 ada 1.469 penumpang dan H-4 ada 1.501 penumpang. “Rata-rata pemudik berasal dari tiga kota besar yakni Jakarta, Bandung dan Surabaya. Jumlahnya pun naik 5% dibandingkan hari biasanya,” ujarnya saat ditemui solopos.com di ruang kerjanya, Minggu.

Pihaknya mengaku semua gerbong sudah terisi penuh. Namun, tidak semuanya turun di Klaten. “Semua gerbong sudah penuh dari asalnya. Banyak juga yang turun di beberapa kota sebelum tiba di Klaten,” imbuhnya.

Sementara, salah satu penumpang yang turun di Stasiun Klaten, Budiyanto, mengaku merasa nyaman naik kereta api. Pasalnya, dia bisa terhindar dari kemacetan di jalan raya yang biasa terjadi menjelang Lebaran.
“Lebih enak naik kereta api daripada angkutan darat lainnya. Sebab, di beberapa kota besar memang sering macet dan menjadikan waktu perjalanan lebih lama. Tapi ya itu, pesan tiketnya harus jauh hari sebelumnya,” katanya kepada solopos.com di lokasi, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya