SOLOPOS.COM - Petugas Satlantas Polres Klaten membantu mengatur arus lalu lintas di traffic light Jalan Solo-Jogja, Kecamatan Prambanan, Selasa (29/7/2014). Kepadatan kendaraan bermotor di Klaten pada H+2 terlihat meningkat 10% dibandingkan saat Lebaran, Senin (28/7). (JIBI/Solopos/Shoqib Angriawan)

Solopos.com, KLATEN—Kepadatan arus lalu lintas di Klaten meningkat sekitar 10% pada H+2 Lebaran atau Selasa (29/7/2014) ini. Kondisi tersebut membuat Polres Klaten menambah personel di delapan titik pengamanan di sepanjang Jalan Solo-Jogja.

Pantauan Solopos.com, kepadatan kendaraan bermotor di Jl. Solo-Jogja mulai terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Kepadatan terjadi dari arah Jogja menuju Klaten di wilayah perbatasan Kecamatan Prambanan, Klaten.
Petugas Satlantas Polres Klaten bekerja ekstra untuk mengurai kemacetan. Pasalnya, kemacetan mengular terjadi dari traffict light Prambanan, Klaten hingga wilayah Kalasan, Sleman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Petugas pun memberlakukan kendaraan yang melaju lurus untuk terus berjalan saat berada di traffict light tersebut. Sekitar pukul 08.30 WIB, kepadatan sudah bisa terurai.

Kapolres Klaten, AKBP Nazirwan Aji Wibowo, melalui Kasatlantas, AKP Imam Zamroni, membenarkan kondisi tersebut. “Berdasarkan pantauan kami, kepadatan pada Selasa ini meningkat sekitar 10% dibandingkan Lebaran pada Senin (28/7/2014) kemarin. Kepadatan terjadi pada pukul 07.00 WIB di Prambanan dan sekitar pukul 10.00 WIB ini kepadatan terjadi di kawasan kota Klaten,” katanya saat dihubungi Espos, Selasa.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang, pihaknya menambahkan 65 personel di delapan pos pengamanan di Klaten. Kedelapan pos pengamanan tersebut di antaranya di Bendogantungan, Srago, depan kantor Pemda Klaten, simpang empat Pengadilan Negeri (PN) Klaten, simpang empat Rumah Sakit Islam (RSI), bundaran Semangkak, dan Karangwuni.

Sebelumnya, personel di tiap pos sudah ada sekitar 10 polisi. Penambahan itu dilakukan sejak Minggu (27/7) hingga sepekan mendatang atau H+7 Lebaran.

Pasang Barikade

Selain menambah personel, pihaknya juga memasang tiga titik barikade di median Jalan Solo-Jogja yakni di pertigaan Desa Taji, Tegalyoso dan Karangwuni. Pemasangan barikade dilakukan untuk meminimalkan terjadinya kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang hendak berputar arah.

Pihaknya memperkirakan kepadatan kendaraan bermotor meningkat pada H+4 Lebaran atau Kamis. “Menurut  perkiraan kami jalanan di Klaten akan terus meningkat hingga mencapai puncaknya pada Kamis mendatang. Sebab, pekan depan sudah banyak pegawai yang mulai kembali bekerja,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya