Tutup Iklan
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau pelaksanaan UNBK di SMK Jateng, Kota Semarang, Senin (25/3/2019).(Semarangpos.com/Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meninjau pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di SMK Jateng di Jl. Brotojoyo, Kota Semarang, Senin (24/3/2019).

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jateng itu pun memastikan pelaksanaan UNBK di Jateng berjalan lancar. Dia juga belum mendapat laporan adanya gangguan terkait pelaksanaan UNBK tingkat SMK.

"Di SMK Jateng ini misalnya, pelaksanaannya bagus, alatnya, komputernya cukup. Ada juga ahli di bidang IT yang mendampingi sehingga kalau ada masalah langsung ditangani," ucap Ganjar.

Pihaknya, lanjut Ganjar, sudah jauh-jauh hari mempersiapkan pelaksanaan UNBK. Semua kekurangan pada pelaksanaan-pelaksanan UNBK tahun sebelumnya menjadi bahan evaluasi.

Termasuk kondisi saat ini di mana ancaman bencana mengintai. Sejumlah sekolah sudah mempersiapkan genset untuk mengantisipasi aliran listrik terputus akibat bencana.

"Saya perintahkan hari ini semua dinas khususnya Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan pengecekan. Semua harus standby, jangan sampai ada layanan yang kurang sehingga membuat siswa kesulitan," tegasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Sulistyo, mengatakan ada 1.538 SMK di Jateng yang mulai Senin ini menggelar UNBK.

"Jumlah peserta yang mengikuti UNBK mencapai 247.089 siswa," kata dia.

Sulistyo menerangkan, untuk SMK, pelaksanaan UNBK dilaksanakan pada Senin-Kamis (25-28/3/2019). Sementara untuk SMA/MA akan dilaksanakan pada 1,2,4 dan 8 April. Sementara SMP/MTs akan dilaksanakan pada 22-25 April nanti.

Semua proses ujian di SMA/SMK di Jateng tahun ini berbasis komputer. Pihaknya juga memastikan bahwa sarana prasarana telah disiapkan sejak awal.

"Memang masih ada beberapa sekolah yang di pelosok melaksanakan UNBK di sekolah lain. Istilahnya nunut, namun itu hanya sedikit karena semua sekolah sudah kami persiapkan sejak awal," tegasnya.

Pihaknya lanjut dia juga terus melakukan pemantauan di seluruh sekolah di Jateng yang melaksanakan UNBK. Sampai siang, belum ada laporan adanya gangguan pelaksanaan UNBK. "Semoga semuanya berjalan lancar tanpa gangguan," pungkasnya.

http://semarang.solopos.com/">KLIK dan https://www.facebook.com/SemarangPos">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten