SOLOPOS.COM - Dua petugas di posko induk pemantauan Gunung Merapi, yakni di pendapa Pemkab Klaten mengecek barak pengungsian di Balerante dan Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang melalui bantuan kamera CCTV. Foto diambil, Rabu (2/12/2020). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten memasang sejumlah kamera closed circuit television (CCTV) di barak pengungsian di lereng Gunung Merapi, dalam beberapa waktu terakhir. Pemasangan kamera CCTV itu untuk memantau tamu yang berkunjung di barak pengungsian di tengah pandemi Covid-19.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pemasangan kamera CCTV difokuskan di barak pengungsian Balerante dan Tegalmulyo di Kecamatan Kemalang. Melalui kamera CCTV itu, petugas yang bersiaga di posko induk pemantauan Gunung Merapi, yakni di pendapa Pemkab Klaten dapat memantau aktivitas pengungsi dan apa pun yang terjadi di pengungsian secara realtime.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak Hanya Olahraga, Ini Rahasia Anak Muda Tetap Bugar Selama Pandemi

Ekspedisi Mudik 2024

Tim teknis Diskominfo mulai memasang kamera CCTV di barak pengungsian Balerante dan Tegalmulyo, Jumat (27/11/2020). Sebanyak tiga kamera CCTV dipasang di Balerante. Sedangkan tiga kamera CCTV lainnya berada di Tegalmulyo. Kamera CCTV difokuskan di gerbang masuk kompleks barak pengungsian, bilik pengungsian, hingga dapur umum.

"Pemantauan bisa dilakukan di Posko Induk Pemantauan, yakni di pendapa Pemkab Klaten. Melalui kamera CCTV itu, kami bisa mengecek siapa saja tamu yang datang ke barak pengungsian. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti ini mestinya tamu yang datang dapat menghindari kontak langsung dengan para pengungsi," kata Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa, kepada Solopos.com, Rabu (2/12/2020).

Bantuan

Amin Mustofa mengatakan kamera CCTV tersebut merupakan bantuan dari keluarga besar Korpri Dinas Energi dan Sumber Daya Minerak (ESDM) Provinsi Jateng. Total anggaran yang diberikan dari ESDM untuk pengadaan kamera CCTV senilai Rp25 juta.

"Di Balerante dan Tegalmulyo relatif tak ada kendala teknis karena jaringan internet sudah tersedia," katanya.

Amin Mustofa mengatakan Diskominfo Klaten juga sudah bersiap memasang kamera CCTV di kawasan Sidorejo, Kecamatan Kemalang. Pemasangan di Sidorejo akan difokuskan di GOR Kalimosodo. "Nantinya, kami butuh radio wireless untuk memasukkan jaringan internet," kata Amin Mustofa.

Dispendukcapil Sragen Kejar Waktu Rekam E-KTP Pemilih Pemula

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Nur Tjahjono Suharto, mengatakan pemasangan kamera CCTV di barak pengungsian Balerante dan Tegalmulyo juga dapat memudahkan sukarelawan dalam memantau kondisi yang terjadi di kedua barak tersebut. Di samping itu, juga dapat mengetahui berbagai keperluan para pengungsi di barak pengungsian.

"Dengan cara seperti itu, sukarelawan juga bisa memantau dari kamera CCTV [menghindari kerumunan dan memberikan kenyamanan bagi para pengungsi di barak pengungsian di tengah pandemi Covid-19]," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya