SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mulai ada kepadatan pada Sabtu (23/12/2023) malam. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak 100 kamera CCTV dipasang di jalan tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, sepanjang 75 kilometer. Pemasangan kamera CCTV ini untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang Batang, Nasrullah, mengatakan CCTV terpasang di ruas jalan maupun tempat-tempat istirahat yang ada di sepanjang jalan tol.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“CCTV tersebut dapat diakses, sehingga pemudik bisa mengetahui kondisi kepadatan lalu lintas jalur yang akan dilalui,” katanya, Jumat (29/3/2024).

Menurut dia, salah satu titik penting di ruas tol Semarang-Barang yakni gerbang Tol Kalikangkung yang merupakan akses masuk Jawa Tengah dari arah barat.

Ia mengatakan sebanyak 462.851 kendaraan akan melintas masuk melalui gerbang Tol Kalikangkung dari arah barat selama H-7 hingga H+7 Lebaran.

Nasrullah menuturkan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-4 Lebaran atau pada 6 April 2024 dengan jumlah kendaraan melintas masuk melalui Kalikangkung mencapai 71.901 kendaraan.

Menurutnya, 10 gardu pembayaran ditambah dengan 7 gardu miring telah disiapkan untuk melayani para pemudik.

“Kami juga menyiapkan 20 mobile reader untuk membantu mempercepat transaksi di gerbang tol,” katanya yang dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan dengan perkiraan jumlah kendaraan sebanyak itu, rasio kapasitas rasio jalan tol masih berada di bawah 0,8.

“Tol Semarang-Batang siap, daya tampung masih memadai dalam menghadapi arus mudik tahun ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya