SOLOPOS.COM - Mohammed Abu Bakar (tengah), pria yang naik pangkat dari cleaning service menjadi pilot. (Twitter)

Solopos.com, SOLO — Mohammed Abu Bakar, pria asal Nigeria, viral dengan kisah inspiratif melalui perjalanan hidupnya. Dengan semangat dan pantang menyerah, pria yang awalnya bekerja sebagai cleaning service atau tukang bersih-bersih di bandara itu berhasil naik pangkat menjadi pilot.

Abu Bakar sebenarnya sempat masuk di perguruan tinggi bernama Politeknik Kaduna. Namun karena ia tidak bisa mengumpulkan tugas tepat waktu sehingga permohonannya untuk masuk kampus ditolak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karena menganggur, Abu Bakar bekerja sebagai cleaning service di bandara untuk maskapai penerbangan Kabo Air. Sebagai tukang bersih-bersih, ia dibayar 200 Naira atau kurang dari Rp8.000 per hari.

Dengan bayaran kecil, pria dengan kisah inspiratif itu justru bekerja lebih keras hingga bisa naik pangkat menjadi pilot. "Banyak orang percaya aku tidak akan bisa mengambil pekerjaan itu karena uangnya sangat sedikit. Aku setelahnya sebagai staf darat dengan penerbangan itu," ungkapnya dilansir Detik.com, Selasa (24/12/2019).

Ia bahkan pernah menjalani semua uni di Kabo Air. "Selama aku bekerja dalam perusahaan tersebut, aku telah bekerja di hampir semua unit kecuali sekuriti," tambahnya.

Suatu hari, ia dipilih untuk menjadi bagian kru kabin dari sebuah penerbangan oleh para atasan manajemen. Hal tersebut kemudian membawanya pada promosi lain yakni untuk menjadi pramugara di Aero Corporations. Ketika itu, ia bertugas dalam penjadwalan.

Akhirnya dengan uang yang ditabungnya dan dukungan dari managing director, Abu Bakarbisa masuk pelatihan pilot di Kanada. Ia pun mendapat lisensi pilot swasta pertamanya. Kemudian dengan berbagai tantangan dengan pemerintah lokal di Negeria, Mohamme menjadi pilot penerbangan Azman Air setelah 24 tahun sebelumnya bekerja sebagai cleaning service.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Hujan Diprakirakan Guyur Karanganyar, Suhu Udara Jauh Lebih Sejuk

Hujan Diprakirakan Guyur Karanganyar, Suhu Udara Jauh Lebih Sejuk
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Kamis, 25 April 2024 - 06:07 WIB
share
SOLOPOS.COM - Prakiraan cuaca Karanganyar kemungkinan akan turun hujan. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Kamis (25/4/2024), hujan akan kembali turun dengan intensitas sedang. Hujan sudah bakal menyapa sejak siang hingga petang.

Sementara cuaca panas kemungkinan tak dirasakan hari ini. Berikut informasi prakiraan cuaca Karanganyar hari berdasarkan rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

  • Pukul 07.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu udara 27 derajat Celsius dengan kelembapan 80%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari timur.
  • Pukul 10.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu udara 27 derajat Celsius dengan kelembapan 70%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari timur.
  • Pukul 13.00 WIB, akan turun hujan sedang. Suhu udara 29 derajat Celsius dengan kelembapan 65%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari timur.
  • Pukul 16.00 WIB, akan turun hujan ringan. Suhu udara 26 derajat Celsius dengan kelembapan 75%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari timur.
  • Pukul 19.00 WIB, akan turun hujan ringan. Suhu udara 25 derajat Celsius dengan kelembapan 80%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari timur.
  • Pukul 22.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu udara 24 derajat Celsius dengan kelembapan 85%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari timur.

Cuaca dapat berubah sewaktu-waktu. Demikian informasi prakiraan cuaca Karanganyar hari ini. Semoga bermanfaat.

Koran Solopos

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Didukung Dana Keistimewaan, Jangkauan Padat Karya di DIY Tahun Ini Lebih Luas

Didukung Dana Keistimewaan, Jangkauan Padat Karya di DIY Tahun Ini Lebih Luas
author
Rohmah Ermawati Kamis, 25 April 2024 - 06:05 WIB
share
SOLOPOS.COM - Penyerahan bantuan keuangan khusus Dana Keistimewaan DIY tahun anggaran 2024 kepada kabupaten/kota dan kalurahan, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com, YOGYAKARTA–Kegiatan padat karya di tingkat kalurahan merupakan salah satu kegiatan yang menjadi bagian dari program strategis Gubernur DIY. Kegiatan yang berjalan sejak 2021 tersebut didukung oleh Dana Keistimewaan sebagai upaya untuk menerapkan Tata Nilai Semangat Keyogyakartaan.

Paniradya Pati Kaistimewan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu (24/4/2024), menyampaikan beberapa program strategis Gubernur DIY, salah satunya adalah Program Strategis Penerapan Tata Nilai Semangat Keyogyakartaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Intinya ini ada kaitannya dengan inti dari keistimewaan. Jika bicara berkaitan dengan Tata Nilai Semangat Keyogyakartaan, secara sederhana dipahami berupa bentuk gotong royong. Maka muncul salah satu aktivitasnya adalah padat karya,” kata dia.

Padat karya merupakan kegiatan yang bisa dijalankan di seluruh kalurahan  di Yogyakarta. Meskipun, ada juga padat karya yang berlangsung di organisasi perangkat daerah (OPD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Koran Solopos

“Sumbernya sebagian dari Dana Keistimewaan dan ada yang lain,” lanjut dia.

Berkaitan dengan Padat Karya Jogja Istimewa yang berasal dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) pada kalurahan, pada 2024 ini angkanya sekitar Rp29,4 miliar. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi sekitar 160 kalurahan dengan total paket sebanyak 168 paket. Dengan begitu, ada beberapa kalurahan yang mendapatkan alokasi lebih dari satu peket kegiatan.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, bisa dikatakan anggaran dan pelaksanaan padat karya di kalurahan tahun ini adalah yang terbanyak. Sebab, padat karya BKK yang baru dimulai 2021, awalnya hanya menyasar 13 kalurahan dengan angka sekitar Rp3 miliar.

Emagazine Solopos

Tahun ini, proses pencairan anggaran sudah dilakukan sejak bulan lalu atau Maret. Saat ini, beberapa kalurahan sudah melaksanakan aktivitasnya. Dia mencontohkan di Kalurahan Guwosari sudah melaporkan aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat.

“Prinsipnya pendanaan dan pekerjaan padat karya yang 168 paket tersebut semua sudah bisa jalan. Namun itu tergantung dari kesigapan para lurah yang kemudian memproses untuk mencairkan. Dari kami harapannya program tersebut bisa segera dijalankan dan diselesaikan,” kata dia.

Mengenai bentuk kegiatan padat karya yang dijalankan sejauh ini cukup beragam. Hal itu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kalurahan. Misalnya pembangunan fisik jalan, talut, dan lainnya. Sebagian aktivitas yang sudah berjalan terkait program tersebut, bisa disaksikan di Youtube Regol Bergada Trengginas.

Interaktif Solopos

Pelaksanaan program tersebut juga mendapat pengawasan ketat. Bahkan Aris menyebut pengawasan penggunaan Dana Keistimewaan lebih terperinci dibandingkan penggunaan APBD.

“Di kami, ada Bidang Perencanaan dan Pengendalian. Di dalamnya ada kasi yang langsung menangani [pengawasan]. Setiap bulan selalu aktif berkaitan dengan laporan-laporan dari pelaksana. Ada pertemuan rutin yang kemudian dimasukkan aplikasi Kenes [Kendali Istimewa]. Dari aplikasi itu bisa kami ketahui ada yang sudah dicairkan ada yang belum,” kata dia.

Pengawasan tersebut penting, karena juga bisa berkaitan dengan proses pencairan anggaran tahap selanjutnya dari pemerintah pusat. Sebab ketika Pemerintah DIY akan mencairkan untuk tahap berikutnya, harus sudah mengetahui kondisi di lapangan mengenai kegiatan yang telah berjalan.



Salah satu program Padat Karya Penerapan Tata Nilai Semangat Keyogyakartaan yang sudah diunggah di Youtube Regol Bergada Trengginas berlokasi di Kalurahan Gedangrejo, Karangmojo, Gunungkidul.

Pada tayangan tersebut ditampilkan kegiatan pembangunan talut dan cor jalan sejauh 200 meter. Di mana jalan tersebut merupakan akses menuju tempat wisata Embung Baturagung dan sebagai akses pertanian warga sekitar.

Kepala Desa/Kalurahan Gedangrejo, H. Suminto, menyampaikan apresiasi kepada Gubernur DIY dengan telah terealisasinya program tersebut.

“Kami selaku Pemerintah Kelurahan Gedangrejo, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur yang telah memberi bantuan Padat Karya Tunai di Kalurahan Gedangrejo yang memang sementara ini untuk jalan tersebut belum tersentuh pembangunan,” kata dia seperti ditampilkan dalam video tersebut.

Salah satu warga Gedangrejo, Sukiman, mengatakan sebelum adanya pembangunan, jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Dengan padat karya tersebut dia berharap jalur menuju Embung Baturagung dan akses pertanian masyarakat lebih lancar ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Cuaca Tak Begitu Baik, Hujan Sedang Diprakirakan Guyur Sragen Hari Ini

Cuaca Tak Begitu Baik, Hujan Sedang Diprakirakan Guyur Sragen Hari Ini
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Kamis, 25 April 2024 - 06:02 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Sragen hari ini, Kamis (25/4/2024) kurang begitu baik. Hujan sedang diprediksi mengguyur Bumi Sukowati pada siang nanti.

Hujan akan bertahan hingga petang. Sementara suhu udara masih tinggi yang membuat badan tidak nyaman. Berikut info lengkap prakiraan cuaca Sragen hari ini :

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

  • Pukul 07.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu udara 27 derajat Celsius dengan kelembapan 80%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari timur.
  • Pukul 10.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu udara 30 derajat Celsius dengan kelembapan 65%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari timur.
  • Pukul 13.00 WIB, akan turun hujan sedang. Suhu udara 33 derajat Celsius dengan kelembapan 60%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari timur.
  • Pukul 16.00 WIB, akan turun hujan ringan. Suhu udara 29 derajat Celsius dengan kelembapan 70%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari timur.
  • Pukul 19.00 WIB, akan turun hujan ringan. Suhu udara 28 derajat Celsius dengan kelembapan 75%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari timur.
  • Pukul 22.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu udara 27 derajat Celsius dengan kelembapan 85%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari timur.

Cuaca bisa berubah sewaktu-waktu. Demikian informasi prakiraan cuaca Sragen hari ini, semoga hari Anda menyenangkan.

Koran Solopos

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories