Pantai Sembukan, Hidden Gem di Paranggupito Wonogiri yang Cocok Buat Healing

Di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, ada satu pantai yang memiliki pemandangan sangat indah bernama Pantai Sembukan.

 Pengunjung tengah menikmati pemandangan Pantai Sembukan di Desa/Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/11/2022). Pasir putih, deburan ombak, dan gugusan perbukitan karst tampak indah. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

SOLOPOS.COM - Pengunjung tengah menikmati pemandangan Pantai Sembukan di Desa/Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/11/2022). Pasir putih, deburan ombak, dan gugusan perbukitan karst tampak indah. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Pantai Sembukan yang ada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri menawarkan panorama yang menggoda untuk dikunjungi. Bentang alam berupa laut selatan Jawa dan gugusan perbukitan karst menjadi paduan menarik untuk memanjakan mata.

Deburan ombak menghantam batuan karang di Pantai Sembukan terdengar sejauh puluhan meter dari bibir pantai. Sore itu, Rabu (23/11/2022), cuaca cerah berawan menyelimuti salah satu pantai unggulan di Wonogiri itu. Air laut yang tampak biru kehijauan dipadu dengan pasir putih Pantai Sembukan sungguh sulit ditemukan di tempat lain.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Saat itu, hanya ada beberapa orang yang tengah menikmati sore di Pantai Sembukan. Beberapa orang terlihat bermain pasir, beberapa lain memilih menaiki perbukitan karst tepat di atas pantai. Mereka menikmati eksotisme pantai pada detik-detik matahari tenggelam di ufuk barat. Khidmat.

Solopos.com berbincang dengan beberapa pengunjung sore itu. Salah satu pengunjung dari Solo, Matius Nico Henrikus, mengaku baru kali pertama berkunjung ke pantai yang dikelola Pemkab Wonogiri itu. Sore itu ia datang bersama beberapa temannya.

“Cocok untuk healing, pas banget. Sama sekali enggak menyesal jauh-jauh ke sini, dan mendapatkan pemandangan yang seindah ini. Enggak kalah indah dengan pantai-pantai di Gunungkidul. Ini pantai patut didatangi lagi. Mantap,” kata Niko.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Sopir Minibus Maut di Nguntoronadi Wonogiri Jadi Tersangka

Dalam perjalanan menuju pantai di Wonogiri selatan itu, Niko sempat was-was. Ia takut pemandangan di Pantai Sembukan tidak seindah yang ia harapkan dan ia lihat di berbagai media sosial. Sebab, sudah sering ia kecele dengan gambar-gambar wisata di berbagai media sosial. Kerap kali gambar-gambar itu hasil editan dan melebih-lebihkan hingga membuatnya tampak indah.

“Saya tau pantai ini dari Instagram. Sebenarnya sudah beberapa kali pengin ke sini, tapi hari ini baru sempat. Kebetulan pas libur kerja. Kebetulan lagi, enggak terlalu ramai pengunjung. Benar-benar bisa menghilangkan penat dari pekerjaan,” ujar pria yang bekerja sebagai penulis olahraga itu.

pantai sembukan di wonogiri
Pengunjung tengah menikmati pemandangan Pantai Sembukan di Desa/Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/11/2022). Pasir putih, deburan ombak, dan gugusan perbukitan karst tampak indah. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Pengunjung lain dari Karanganyar, Mufti Alimi, tidak menyangka jika Wonogiri memiliki pantai seindah ini. Dia berkunjung Pantai Sembukan karena diajak teman. Yang ia tahu, pantai dengan bentang alam perbukitan dan pasir putih hanya ada di Pacitan, Jawa Timur dan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Ini menurutku hidden gem-nya Wonogiri. Bagus banget. Tadi sengaja berangkat siang dari Karanganyar karena ingin lihat sunset di sini. Tapi sayang awannya agak tebal, jadi enggak kelihatan maksimal,” ungkap Alimi.

Baca Juga: Sejumlah Bangunan Dibongkar, Penataan WGM Wonogiri Dimulai Awal Desember 2022

Kendati begitu, kata dia, itu sama sekali tidak mengurangi keindahan Pantai Sembukan.

“Kayaknya bakal ke sini lagi. Tapi sambil bawa tenda, buat ngecamp sama teman-teman kayaknya cocok. Syahdu,” ucap dia.

Kepala Desa Paranggupito, Dwi Hartono, mengatakan selama pandemi Covid-19, pengunjung Pantai Sembukan turun. Tetapi, kini pengunjung mulai meningkat setelah pandemi mulai mereda meski belum signifikan.

“Akses jalan sudah mudah. Semua jalan menuju ke pantai sudah diaspal halus. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir kalau jalannya jelek,” kata Dwi.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Dewa 19 Sihir Ribuan Penggemar, Kota Solo Luar Biasa

      Pantauan Solopos.com, ribuan penggemar Dewa 19 mulai berdatangan di Edutorium UMS sejak sore hari.

      RS Indriati Solo Baru Buka Layanan Bedah Plastik: Bantu Bentuk Tubuh Impian

      Rumah Sakit Indriati, Solo Baru, Sukoharjo, menggelar talk show dengan tema Mencapai Bentuk Tubuh Impian dengan Bedah Plastik.

      Kabar Duka: Mantan Bupati Boyolali Wafat, Pencetus Slogan "Boyolali Tersenyum"

      Mantan Bupati Boyolali periode 1984-1994, Brigjen (Purn) H. Mochamad Hasbi, tutup usia, Jumat (25/11/2022) sore pukul 17.15 WIB. 

      Tak Puas Hasil Seleksi, Calon Perdes Karangtalun Sragen Protes Panitia

      Gagal terpilih menjadi Kasi Pelayanan, calon perangkat desa Karangtalun, Kecamatan Tanon, Sragen, melayangkan surat keberatan kepada panitia seleksi. Ia menuding panitia tak transparan.

      Mantap! Mulan Jameela dan Penyanyi Solo Ikut Meriahkan Konser Dewa 19 Malam Ini

      Konser Dewa 19 di Solo bakal dimeriahkan Mulan Jameela dan Nisa, yang disampaikan promotor pada Sabtu (26/11/2022) jelang konser.

      Edutorium UMS Mulai Ramai, Ribuan Baladewa Bersila Menunggu Dewa 19

      Pantauan Solopos.com, ribuan penggemar Dewa 19 mulai berdatangan di Edutorium UMS sejak sore hari.

      Dibuka Pendaftaran Ratusan PPK-PPS Boyolali, Simak Jadwal dan Syaratnya

      KPU Boyolali membuka ratusan lowongan PPK dan PPS.

      Masyaallah! Murid SDN 1 Wonogiri Rama-Ramai Galang Dana untuk Korban Gempa

      SDN 1 Wonogiri menggalang dana untuk membantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Viaduk Gilingan Solo akan Diperdalam Agar Bisa Dilewati Bus Pariwisata

      Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan akan memperdalam Viaduk Gilingan Solo agar bisa dilewati bus pariwisata yang hendak berkunjung ke Masjid Syeikh Zayed.

      Catat! Imbauan dan Larangan Nonton Konser Dewa 19 di Solo Malam Ini

      Do and dont saat konser Dewa 19 di Solo, di Edutorium UMS, Sabtu (26/11/2022) malam ini.

      Solo Bersiap! Malam Ini Konser Dewa 19 Dimeriahkan 4 Vokalis, 30 Lagu Hits

      Konser Dewa 19 di Solo bakal dimeriah karena Ahmad Dhani Cs dengan 30 lagu hits dan 4 vokalis.

      Kadisdik Boyolali Sebut Dosa Besar Pendidikan: Intoleransi & Kekerasan Seksual

      Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Darmanto, mengingatkan tiga dosa besar dunia pendidikan yakni bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi.

      UMKM Pinggiran Gunung Kemukus Belajar Branding Produk Bersama ISI Solo

      Banyak pelaku UMKM di sekitar Gunung Kemukus, Sragen, yang belum memahami pentingnya branding dan pengemasan produk.

      Banyak Kelebihan, Pupuk Organik Cair Buatan Warga Plupuh Sragen Diadopsi Pemkab

      Pupuk organik cair buatan petani milenial asal Plupuh, Sragen, berhasil menarik perhatian Pemkab untuk mengadopsinya dang menggunakannya untuk skala yang lebih luas.

      Cegah Inflasi Melonjak Tinggi, Sukoharjo Mulai Tanam Cabai Massal

      Pemerintah Sukoharjo melalui Dinas Pertanian dan Perikanan mencanangkan program gerakan penanaman cabai sebagai upaya pencegahan inflasi daerah. 

      Tak Lolos Seleksi Administrasi, Pendaftar PPPK Nakes Bisa Ajukan Keberatan

      Dari 448 nakes yang mendaftar PPPK di Karanganyar, 56 di antaranya dinyatakan tak memenuhi syarat. Mereka yang tak memenuhi syarat berkesempatan mengajukan keberatan paling lambat 27 November 2022.