SOLOPOS.COM - Ilustrasi gelombang tinggi. (Antara)

Solopos.com, JOGJA -- Warga di pesisir pantai selatan Yogakarta diminta berhati-hati. Pasalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksi terjadi gelombang laut yang tingginya mencapai 2,5 sampai 3,5 meter selama beberapa hari ke depan.

"Kondisi ini wajib diwaspadai bagi wisatawan di sekitar pesisir pantai dan bagi nelayan dengan perahu (berukuran) kecil-menengah," kata prakirawan Stasiun Klimatologi Mlati BMKG Yogyakarta, Indah Retno Wulan, Senin (12/4/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Indah mengatakan gelombang laut dengan kategori tinggi itu diperkirakan terjadi di pesisir selatan Yogyakarta hingga 16 April 2021.

Baca Juga: BMKG Minta Jatim Waspadai Longsor dan Banjir Bandang

Gelombang tinggi tersebut terjadi karena saat ini muncul gangguan cuaca berupa beberapa tekanan udara rendah di selatan Jawa dengan tekanan 971 sampai 1010 hpa. Selain itu, naiknya gelombang laut juga dipicu perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan antara belahan bumi bagian selatan bertekanan 971 hpa dengan belahan bumi bagian utara bertekanan 1012 hpa di Teluk Benggala.

Perbedaan tekanan udara itu, kata Indah, yang kemudian meningkatkan kecepatan angin di wilayah perairan dan selanjutnya memicu gelombang tinggi.

Untuk meningkatkan kewaspadaan warga DIY, BMKG Yogyakarta telah mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di Perairan Selatan Yogyakarta.

Baca Juga: BMKG: 6 Meninggal Akibat Gempa Bumi Malang

Selain gelombang tinggi, BMKG juga menyebut potensi hujan ringan hingga sedang bakal mengguyur seluruh kabupaten/kota di DIY mulai pagi hingga malam hari.

Pada pagi hari, hujan ringan-sedang diperkirakan mengguyur Kulonprogo, Bantul, Kota Jogja, Gunungkidul barat dan Sleman. Berikutnya, siang sampai sore potensi hujan ringan-sedang di Sleman utara, Kulonprogo utara, Bantul utara, Gunungkidul utara, dan Kota Jogja.

Sedangkan pada malam hari, hujan ringan berpotensi mengguyur wilayah Sleman, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya