SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisatawan di Pantai Parangtritis DIY (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Sebanyak 62 personel Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Bantul disiagakan

Harianjogja.com, BANTUL-Wilayah Pantai Selatan Bantul waspada gelombang tinggi dampak dari siklon tropis Dahlia yang terjadi sejak Jumat (1/12/2017) lalu.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Komandan Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Bantul Ali Joko Sutanto mengatakan, sejak beberapa hari yang lalu memang ada peningkatan tinggi gelombang di Pantai Selatan. Bahkan, pada Minggu (3/12/2017) ini, tinggi gelombang telah mencapai empat meter.

Di kawasan Pantai Depok, terpantau tinggi gelombang telah mencapai batas atas atau setinggi bangunan warung yang berada di pinggir pantai. Sedangkan di Pantai Parangtritis, gelombang hampir mencapai Posko SAR. “Normalnya cuma 1,5 sampai dua meter,” katanya.

Ali menjelaskan, pihaknya menambah kewaspadaan pada musim libur panjang akhir pekan kali ini. Pasalnya, wisatawan cukup membludak, sedangkan gelombang masih juga tinggi. Selain itu, palung juga terpantau di tiga titik yakni satu palung berada tepat di depan Posko Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Bantul dan dua lainnya ada di sebelah barat pantai.

Oleh sebab itu, sebanyak 62 personel Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Bantul disiagakan. Sebanyak 12 personel berjaga di kawasan Pantai Depok dan 50 personel sisanya di Pantai Parangtritis. “Kami belum tahu kapan akan normal kembali. Selama gelombang tinggi, personel tetap disiagakan karena meski tidak libur akan selalu ada pengunjung,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya