SOLOPOS.COM - Proses evakuasi korban longsor Pantai Sadranan, Rabu (17/6/2015) malam. (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Pantai Sadranan longsor harus diantisipasi agar tidak menimbulkan korban jiwa

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Ada beberapa upaya yang harus diambil pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk mmencegah tebing ambrol hingga menyebabkan korban jiwa seperti di Pantai Sadranan beberapa waktu lalu, tidak terjadi lagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Tim Bencana Tanah Longsor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Nasional, Herry Purnomo menjelaskan untuk langkah awal, Pemkab bisa melakukan pemasangan papan larangan di sekitar tebing.

Selanjutnya, sambung Herry, pemkab juga harus mmebuat peta kerawanan, sehingga bisa diketahui wilayah mana saja yang memiliki kerawanan dan berpotensi longsor.

“Kami memberikan rekomendasi agar tebing-tebing yang bisa untuk berteduh dipasang papan larangan sebagai zona bebas dari aktivitas manusia,” ujar dia, usai melakukan peninjauan di lokasi longsor tebing Pantai Sadranan, Jumat (19/6/2015).

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Budhi Harjo mengapresiasi upaya yang dilakukan tim dari Badan Geologi Nasional. Malahan dari hasil diskusi yang dilakuan dengan tim tersebut, pemerintah disarankan untuk membuat surat resmi ke pusat untuk kerja sama dalam pemetaan daerah rawan.

“Penelitian ini tidak hanya sebatas keberadaan tebing di kawasan pantai, tapi juga kawasan lain yang rawan longsor,” ujar Budhi.

Dia menegaskan, kesempatan kerja sama ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh BPBD. Sebab, adanya penelitian tersebut maka akan semakin memperkuat keberadaan data yang dimiliki selama ini.

“Khusus yang tebing rawan longsor seperti di Sadranan, kami belum melakukan pengkajian karena upaya tersebut baru wacana,” aku Budhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya