Kategori: Bantul

Pantai Parangtritis Diserbu Wisatawan pada Libur Lebaran, Warga Luar DIY Ada?


Solopos.com/Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Solopos.com, BANTUL -- Pantai Parangtritis di Bantul, DIY, tetap diserbu wisatawan pada masa libur Lebaran 2021. Belasan ribu orang mengunjungi pantai tersebut khususnya pada hari ketiga Lebaran.

Banyaknya kunjungan wisatawan otomatis mengerek Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bantul dari sektor pariwisata. Banyaknya kunjungan wisata di Pantai Parangtritis terpantau dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis, Kretek, Bantul.

Koordinator TPR Parangtritis, Rahmat Ridwanto, kepada Harian Jogja pada Minggu (16/5/2021) menyebutkan kunjungan wisata terus meningkat dari hari pertama sampai H+2 Lebaran.

Baca juga: Satu Lagi Jenazah Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Ditemukan

Pada Lebaran hari pertama, TPR Parangtritis mencatat sebanyak 3.100 pengunjung memasuki kawasan Pantai Parangtritis.

Jumlah itu kemudian meningkat tiga kali lipat di hari kedua Lebaran. Pada hari kedua Lebaran Jumat (14/5/2021) jumlah wisatawan yang masuk melalui TPR mencapai 9.960 orang.

"Jumlahnya kembali naik dua kali lipat di hari berikutnya. Pada Sabtu [15/5/2021] total kunjungan wisatawan Parangtritis sampai pukul 18.00 WIB mencapai 17.850 orang," tutur dia.

Baca juga: Penambahan Kasus Baru Covid-19 di Indonesia 2.385, Terendah pada 2021

Wisatawan Lokal

Sejauh ini, wisatawan di Pantai Parangtritis masih didominasi wisatawan lokal DIY. Sementara, wisatawan dari luar DIY bisa dihitung dengan jari.

“Yang dari luar ada tapi enggak seberapa hanya satu dua. Dari Jawa Tengah juga satu dua. Apakah mereka asli sini atau berada di DIY sebelum penyekatan atau bagaimana kurang tahu. Tetapi ada satu dua pengunjung luar DIY. Mungkin yang enggak mudik, kami cuma melihat pelatnya saja, sedangkan wisatawan menggunakan Elf dan bus besar masih belum ada," urai dia.

Baca juga: Kapan Waktu Puasa Syawal 2021? Ini Bacaan Niat dan Tata Caranya

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo, menyampaikan secara umum jumlah wisatawan terus meningkat di berbagai destinasi wisata di Bantul, tidak hanya Pantai Parangtritis.

Pada hari pertama libur Lebaran sebanyak 3.565 wisatawan mengunjungi Bantul. Kemudian meningkat pada hari kedua Lebaran yang mencapai 12.880 orang dan kembali melonjak di hari terakhir yang mencapai 24.898.

"Total 41.343 wisatawan mengunjungi Bantul dalam kurun waktu tiga hari. Dari total wisatawan, sekitar 70 persennya mengunjungi kawasan Pantai Parangtritis," terangnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum