SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO— Pantai Glagah siap menampung lonjakan pengunjung saat liburan Lebaran.

Hal ini diakui Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Eko Wisnu Wardana. Saat dihubungi Harian Jogja, Selasa (30/8) pagi, dia mengatakan dari sisi kesiapan SDM semua sudah bagus, mulai dari petugas penjaga Tempat Pungutan Retribusi (TPR) hingga pada fasilitas pendukung lain, seperti misalnya perahu sewaan di Laguna dan akomodasi serta restoran .

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Dirinya memprediksikan sekitar H+1 dna H+2 merupakan puncak kedatangan pengunjung. “Seperti pada tahun-tahun lalu,” ujarnya.

Hanya saja bedanya, menurut Eko, untuk tahun ini pengunjung yang datang tidak ramai pada satu hari saja. Hal ini disebabkan perayaan Idulfitri yang juga tidak bersamaan. “Intinya, kapanpun pengunjung datang, tenaga kami sudah siap,” ujarnya.

Di sisi lain, SAR yang selama ini memegang peran penting keselamatan pengunjung Pantai Glagah yang memang kerap meminta korban tersebut juga sudah bebenah. Koordinator SAR Korwil V Glagah Syamsudin mengatakan pihaknya yang kini sudah membangun 2 posko tepatnya di sekitar Labuhan Joglo dan di sebelah selatan Laguna tersebut juga telah mempersiapkan semua tenaganya untuk mengamankan sepanjang pesisir Pantai Glagah.

Untuk itu dirinya sudah mengharuskan seluruh anggota SAR mengenakan rompi SAR berwarna oranye. Selain agar pengunjung merasa aman lantaran ada tim SAR di sekitar mereka, juga supaya pengunjung lebih bisa mengikuti semua arahan yang dituturkan para anggota SAR.

“Sering kecelakaan selama ini karena pengunjung tak menghiraukan imbauan kami,” tuturnya.(Harian Jogja/ARI)

Ilustrasi foto: indonesianbeach.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya