SOLOPOS.COM - Pantai Banyutowo Wonogiri. (Istimewa/Twitter @seputar_wngr)

Solopos.com, WONOGIRI — Terletak di tepi selatan Pulau Jawa, Wonogiri mempunyai banyak pantai yang masih asri dan belum banyak di ketahui oleh orang luar. Keberadaan pantai di Wonogiri dinilai mampu menarik banyak wisatawan.

Dilansir dari laman jejakpiknik.com, Senin (26/9/2022), ada salah satu pantai menarik dan unik di Wonogiri yang mungkin kalian belum temui di tempat lain. Pantai tersebut bernama Pantai Banyutowo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantai Banyutowo berlokasi di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Asal muasal nama Banyutowo sendiri dari bertemunya air sungai tawar dan air laut yang asin.

Rasa tawar ini berasal dari mata air bawah tanah. Uniknya, air di pantai ini berasa tawar dan tidak asin.

Banyutowo berasal dari Bahasa Jawa yang ketika di terjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi air tawar. Lantaran air di sini tawar, jika kalian bermain air laut lama pastinya tidak akan merasakan lengket sedikit pun.

Baca Juga: Girimanik Mountain Camp Wonogiri, Tempat Healing di Lereng Lawu Selatan

Kota Wonogiri terkenal memiliki karst yang sangat luas. Karst sendiri mempunyai potensi membentuk air di bawah tanah. Sumber air tawar yang berasal dari arus sungai bawah dari celah bukit.

Dengan jumlah yang banyak, air tawar jernih kurang di manfaatkan oleh warga sekitar sehingga langsung mengalir ke Laut Selatan begitu saja. Dengan membayar senilai Rp5.000 kalian sudah bisa menikmati keindahan Pantai Banyutowo Wonogiri secara bebas tanpa adanya gangguan dari manapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya