SOLOPOS.COM - Pisang sebagai ilustrasi penis bengkok. (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Banyak pria bertanya-tanya, apakah Mr P miliknya memiliki panjang yang normal tidak ya?

Sebagaimana yang diketahui, sebagian pria ada yang minder dan cemas dengan ukuran penisnya. Padahal hal tersebut belum tentu penis miliknya tidak normal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pesugihan Fenomenal yang Ada di Soloraya, Lengkap dengan Cerita Mistisnya

Untuk menjawab rasa penasaran kaum adam tersebut, Dokter Ahli Andrologi dan Reproduksi, Heru H Oentoeng mengatakan pria Asia yang memiliki ukuran penis berkisar 9,7 cm hingga 15,1 cm bisa dibilang normal.

"Ukuran normal penis dari sisi medis itu sesuai dengan rata-rata statistik. Biasanya untuk orang Asia itu statistik normalnya 9,7 hingga 15,1 cm," jelas Heru kepada Detik.com, Rabu (26/2/2014).

5 Artis Tanah Air yang Berani Tampil Hot di Instagram, Kamu Sudah Follow?

Diukur Saat Tidak Ereksi

Berbeda dengan Heru, Guru Besar Andrologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali, Wimpie Pangkahila menjelaskan panjang Mr P yang normal bisa dilihat ketika belum ereksi.

"Penis dengan ukuran lebih pendek dari 4 cm dalam keadaan lemas dan lebih pendek dari 7 cm dalam keadaan ditarik, dapat dianggap di bawah normal. Tetapi, ukuran 4 dan 7 cm jangan diangap sebagai nilai absolut sebagai suatu kondisi untuk mendapatkan pengobatan. Kondisi ini harus dikaitkan juga dengan variabel lain seperti Indeks Massa Tubuh dan perkembangan organ seksual lainnya, seperti testis dan kelenjar kelamin," beber dia.

Makanan Penambah Sperma Biar Kental, Pria Wajib Baca!

Agar tidak menjadi perdebatan lagi, National Academ of Surgery di Prancis akhirnya membuat pedoman ukuran atau panjang normal Mr P, yaitu berkisar antara 9 cm hingga 9,5 cm dalam keadaan lemas.

Dan dalam kondisi ereksi di ukuran 12,8 cm hingga 14,5 cm.

Biar Anak Mau Makan Sayur, Ahli Ungkap Rahasianya

Tak hanya panjang saja, ukuran normal Mr P juga dilihat dari diameter atau keliling penisnya. Lingkar penis yang normal adalah 8,5 cm hingga 9 cm dalam kondisi lemas. Dan 10 cm hinga 10,5 cm saat ereksi.

Indonesia Terpanjang di Asia Tenggara

Jik dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara, Indonesia sendiri termasuk negara yang penduduknya memiliki Mr P paling panjang.

Kalau tak percaya, lihat data berikut di bawah ini.

Doa Malam Jumat, Lengkap dengan Latin dan Artinya

1. Indonesia - 11,67
2. Singapura - 11,53
3. Malaysia - 11,49
4. Vietnam - 11,47
5. Filipina - 10,85
6. Myanmar - 10,7
7. Thailand - 10,16
8. Kamboja - 10,04

Kamu Alami Hal Ini? Hati-hati Bisa Jadi Tanda Daya Tahan Tubuh Lemah

Benarkah Bercinta Seminggu 4 Kali Bikin Suami Awet Muda?

Kesuburan Pria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya