SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Wakil Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin, Selasa (20/12) menyatakan Panitia Kerja (Panja) Pertanahan DPR untuk menyelidiki kasus sengketa lahan di berbagai daerah, termasuk Mesuji akan terbentuk sekitar Januari tahun mendatang. Azis mengatakan rencana pembentukan Panja akan segera dirapatkan dalam rapat pleno Komisi III DP.

Panja tersebut dibentuk untuk menyelesaikan masalah-masalah pertanahan dan perhutanan. Hal tersebut dikarenakan, sengketa lahan tidak hanya terjadi di Palembang dan Lampung tetapi juga merata di Jambi, Kalimantan Tengah dan Papua.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Azis menambahkan, sengketa tersebut bermula karena banyaknya areal Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dikelola perusahaan dengan seizin Kementerian Kehutanan tetapi ternyata tidak digunakan untuk menanam tanaman hutan melainkan untuk menanam sawit dan singkong, hal tersebut menyalahi aturan.

Ekspedisi Mudik 2024

Oleh karena itu, beberapa anggota tim yang datang ke Mesuji kemarin meminta pimpinan Komisi 3 untuk meningkatkan investigasi dalam bentuk Panja. [Vivanews/ard]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya