SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Persaudaraan Alumni (PA) 212 Soloraya menggelar Tablig Akbar di kawasan Gladag, Jalan Slamet Riyadi Solo, Minggu (13/1/2019) pagi WIB. Beberapa peserta terlihat membawa bendera bertuliskan kalimat tauhid.

Informasi yang dirilis panitia menyebut sejumlah tokoh hadir dalam tablig akbar tersebut seperti Ustaz Haikal Hasan, Slamet Maarif, Fadlan Garamatan, dan Miunudinillah Basri. Amien Rais juga hadir beberapa saat menjelang acara selesai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jalan Slamet Riyadi terpaksa ditutup lantaran massa yang berkumpul mencapai seribuan orang. Mereka berdiri menghadap mobil komando yang digunakan untuk orasi.

Ekspedisi Mudik 2024

Sedianya, mereka telah menyiapkan panggung untuk acara itu. “Tapi mobil pengangkut panggung tidak boleh masuk oleh petugas,” kata juru bicara aksi, Endro Sudarsono, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Minggu.

Menurutnya, panitia sebelumnya telah menyampaikan surat pemberitahuan kepada kepolisian untuk acara tersebut. “Seharusnya tidak ada alasan untuk menghalang-halangi acara ini,” katanya.

Endro mengatakan telah meminta konfirmasi sejumlah pihak termasuk Agus Sis anggota satpol PP Solo. Ia menjelaskan bahwa pelarangan panggung karena melanggar Perda no 1 tahun 2013 tentang perhubungan. “Lokasi di barat patung Slamet Riyadi bukanlah termasuk dalam zona larangan penyampaian pendapat dimuka umum,” kata Endro.

Tim Advokasi Reaksi Cepat, M. Taufiq menyayangkan sikap represif Kepolisian yang menghalangi jamaah yang ingin menghadiri Tabligh Akbar. Informasinya puluhan bus dan kendaraan roda empat tertahan di Sragen, Jogja, Karanganyar dan beberapa perbatasan memasuki Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya