SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) blaklist 13 sekolah yang memanipulasi data. Sekolah-sekolah di Solo tidak masuk dalam daftar blaklist.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Koordinator Humas SNMPTN yang juga Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS, mengungkapkan berdasarkan hasil rapat koordinasi panitia SNMPTN di Jakarta, Kamis-Jumat (15-16/3), awalnya ada 14 sekolah yang diindikasikan melakukan manipulasi data. Tapi setelah diklarifikasi, 13 sekolah terbukti melakukan manipulasi data.

“Solo tidak ada (sekolah yang di-blacklist),” ujarnya kepada wartawan di kampus Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sebelas Maret (UNS), Kleco, Solo, Jumat (16/3/2012).

Ketika ditanya nama-nama 13 sekolah tersebut, Ravik tidak bersedia memberitahu. Alasannya sudah menjadi kesepakatan panitia SNMPTN untuk tidak menginformasikan kepada khalayak perihal sekolah tersebut. Dibandingkan tahun lalu, terjadi peningkatan jumlah sekolah yang memanipulasi data. Yaitu dari enam sekolah menjadi 13 sekolah. Pengumuman SNMPTN Undangan akan diumumkan 28 Mei 2012.

Karena terbukti melakukan manipulasi data, ungkapnya, data dari 13 sekolah tersebut tidak akan diproses dalam seleksi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN Undangan. Soal sanksi lainnya, yaitu sekolah tersebut tidak akan mendapatkan undangan pada SNMPTN Undangan dua tahun mendatang, Ravik belum bisa memastikan.

“Hal itu masih akan dibahas lagi oleh panitia. Jadi belum diputuskan apakah dua tahun mendatang tidak akan diundang atau tetap diundang,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya