Kategori: Boyolali

Patuhi Prokes, Panitia Pilkades di Boyolali Siapkan Pos Kesehatan


Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi

Solopos.com, BOYOLALI-- Terapkan protokol kesehatan (prokes), panitia Pilkades di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Boyolali menyiapkan pos kesehatan dan bilik khusus. Pada pelaksanaan geladi bersih, panitia juga memastikan pemilih yang masuk ke lokasi pemilihan mematuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di Suroteleng, Senin (14/12/2020) siang, sudah disiapkan tiga lokasi pemilihan atau ruang pemungutan suara (RPS). Lokasi ketiga RPS tersebut terpisah namun masih dalam satu kawasan. RPS 1 berada di bangunan SD Negeri 2 Suroteleng, RPS 2 ada di bangunan PAUD Suroteleng kemudian RPS 3 ada di bangunan gedung serba guna. Di depan masing-masing RPS sudah disiapkan galon air untuk cuci tangan para pemilih.

Siap-Siap! Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Di Boyolali Berlanjut Pada Januari 2021 Nanti

Ketiga RPS tersebut berada di sekitar jalan utama desa. Tak jauh dari RPS 1 dan 2, terdapat pos kesehatan. Penjabat Kepala Desa Suroteleng, Muhammad Isak, mengatakan pos kesehatan tersebut juga difungsikan untuk memfasilitasi warga yang suhu tubuhnya lebih dari 37,3 derajat.

"Nanti ada bilik sendiri di pos kesehatan, terpisah dari yang lain," kata dia. Sedangkan untuk pemegang hak pilih di Suroteleng yang berjumlah 1.464 orang, menurutnya tidak ada yang positif Covid-19.

Memastikan Kesiapan

Muhammad IsakĀ  mengatakan pelaksanaan geladi resik pada Senin atau H-1 pelakaanaan Pilkades, ditujukan untuk memastikan kesiapan panitia.

"Mengingat pelaksanaan Pilkades masih dalam masa pandemi Covid-19, maka perlu disikapi persiapan yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19. Kami melakukan sosialisasi kepada calon pemilih. Pemilih ketika sampai di lokasi pemilihan, diwajibkan mencuci tangan. Ada petugas yang bertugas melakukan tes suhu badan, memberi sarung tangan kepada pemilih, dan sebagainya," jelas dia. Saat datang ke lokasi pemilihan, pemilih juga harus mengenakan masker. Pemilih tidak diperkenankan membawa anak kecil.

Menurutnya kegiatan geladi bersih sangat berguna dalam upaya pencegahan Covid-19. Sebab kegiatan ini salah satunya untuk memastikan protokol kesehatan berjalan lancar.

Jangan Sembarangan, Berikut 7 Tips Makan Malam Sehat Saat Sedang Diet

Kabid Bina Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Candra Irawan, mengatakan pada Senin (14/12), sesuai jadwal tahapan, dilakukan geladi bersih disemua desa yang menggelar Pilkades. "Sesuai SOP kami, pada geladi bersih ini memastikan semua panitia, petugas KPPS harus menempati posisi masing-masing, sehingga saat hari H semua sudah mengerti tugas pokok fungsinya. Ini berlaku di setiap RPS. Harapannya, Pilkades berjalan lancar karena ini menggunakan e-voting," kata dia.

Share