Panitia Kongres Pasoepati Klaim Jumlah Hak Suara Klir
Ketua Majelis Pasoepati, Ekya Sih Hananto. (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua Majelis Pasoepati, Ekya Sih Hananto, angkat bicara soal silang sengkarut jumlah suara dalam Kongres VIII Pasoepati, 10 Januari 2021 mendatang. Ekya mengklaim semua pihak sudah sepakat ada 17 korwil dan satu duta besar (dubes) yang memiliki hak suara dalam Kongres Pasoepati.

Kesepakatan tersebut juga termasuk pemberian satu suara pada tiga korwil di luar Soloraya yakni Korwil Jogja, Bekasi dan Tangerang. Hal itu disampaikan Ekya saat ditemui Solopos.com di Balai Persis Solo, Selasa (29/12/2020).

Maling Kembalikan Celana Dalam dengan Bekas Sperma

Pihaknya mengakui sempat ada perbedaan pendapat dalam forum yang mempertemukan Majelis Pasoepati, panitia kongres dan korwil. Perbedaan itu terkait jumlah suara bagi Korwil Jogja, Tangerang dan Bekasi dalam kongres yang bukan dihitung tiga, melainkan satu.

Korwil Bekasi sempat melancarkan protes dalam forum beberapa waktu lalu. “Memang sempat ramai, tapi sudah kita satu mejakan. Sudah klir, sudah setuju semua [korwil di luar Soloraya hanya satu suara],” ujar Ekya yang juga pengarah Steering Committee Kongres VIII.

Sesuai Kongres VII

Ekya menegaskan panitia kongres berpedoman pada hasil sidang komisi Kongres VII, 2018 lalu. Menurut Ekya, pengesahan hak satu suara bagi korwil dan duta besar di luar Soloraya tertuang dalam berita acara sidang Kongres Pasoepati tersebut.

Sebagai informasi, 14 korwil lain yang berada di Soloraya mendapatkan tiga suara. Artinya ada 46 suara yang akan diperebutkan pasangan calon apabila kongres nanti berujung pemungutan suara/voting.

Tanaman Hias Kata Fengsui Tentukan Keberuntungan

“Status Pasoepati Jogja, Tangerang dan Bekasi dalam kongres 2018 memang berubah dari dubes menjadi korwil. Namun di berita acara saat kongres, hak mereka tercatat satu suara. Klausul itu ada,” ujar anggota DPRD Solo itu.

Diketahui, ada tiga pasangan calon yang mendaftarkan diri untuk pemilihan pemimpin baru Pasoepati periode 2021-2023. Mereka adalah Prapto Koting-Sapta Oox (Prasaja), Maryadi Gondrong-Agus Ismiyadi (Gas) dan Agus Warsoep-Beto (Abe).

Peta Kekuatan Pasangan Calon

Maryadi Gondrong-Agus Ismiyadi (Gas)

Klaim Dukungan Korwil : 9

Perincian             : Colomadu, Kartasura, Kalioso, Cemani, Laweyan, Mojolaban, Jebres, Sukoharjo, Serengan*

Keterangan         : disebut segera merapat

 

Prapto Koting-Sapta Oox (Prasaja)

Klaim Dukungan Korwil : 9

Duta Besar          : 1

Perincian             : Banjarsari, Pasar Kliwon, Jebres, Serengan, Karanganyar, Jakarta (dubes)

Keterangan         : Dukungan empat korwil lain masih dirahasikan

 

Agus Warsoep-Beto (Abe)

Klaim Dukungan Korwil : 5*

Perincian           : Klaten, Boyolali, Jogja, Bekasi, Tangerang

Keterangan       : masih berpotensi bertambah

Sumber             : penelusuran, wawancara, diolah (cha)

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom