SOLOPOS.COM - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengecek pasukan yang bersiaga di Koridor Ngarsopuro, Solo, Kamis (8/12/2022). Pengecekan itu untuk evaluasi persiapan pengamanan acara pernikahan putra Presiden Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa terjun langsung mengecek persiapan pengamanan lokasi acara tasyakuran nikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono mulai dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (8/12/2022).

Hal ini dilakukan guna mengevaluasi persiapan pengamanan sejauh ini sehingga bila ada kekurangan bisa segera diperbaiki. Pengecekan dilakukan mulai dari Loji Gandrung di Jl Slamet Riyadi Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jenderal Andika Perkasa melakukan koordinasi pengamanan di lokasi yang digunakan untuk menggelar upacara adat ngdunduh mantu pernikahan putra ketiga Presiden Jokowi itu di Loji Gandrung.

Kemudian, Jenderal Andika juga mengecek rute kirab kereta kuda menyusuri Jl Slamet Riyadi mulai dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Tak lupa, Jenderal Andika mengecek pengamanan gang-gang perkampungan di sepanjang jalur rute kirab kereta kuda nikahan Kaesang-Erina.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ini bagian dari pemeriksaan dan  inspeksi ke posisi-posisi gelar satuan-satuan TNI maupun Polri di bawah komando gabungan pengamanan. Ini juga sekaligus mengevaluasi pengamanan pernikahan,” katanya, Kamis.

Baca Juga: Becak dan Andong Batal, Semua Tamu Undangan Nikahan Kaesang Diantar Shuttle Bus

Menurut Andika, masih ada kekurangan-kekurangan saat mengevaluasi pola pengamanan tersebut. Misalnya, kekurangan personel dan alat deteksi seperti metal detector. “Nanti malam harus segera dipenuhi. Paling lambat besok pagi,” ujarnya.

Andika menjelaskan pola pengamanan nikahan Kaesang-Erina secara spesifik. Pengamanan dititikberatkan di lokasi atau rute yang dilewati tamu VVIP seperti Presiden dan keluarganya, serta Wakil Presiden dan keluarganya.

Menurut Andika, perencanaan command center pengamanan VVIP digelar sejak tiga pekan lalu. Pengecekan pengamanan serupa dilakukan di lokasi akad nikah di Jogja pada Rabu (7/12/2022).

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Cilacap Jadi Kusir Kereta Kuda Pengantin Kaesang-Erina di Solo

“Jadi yang belum sempurna, akan segera disempurnakan. Kami evaluasi secara keseluruhan terutama pengamanan VVIP,” tambah dia. Seperti diketahui, setelah menjalani akad nikah di Jogja pada Sabtu (10/12/2022), putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono akan langsung menggelar resepsi di Solo, Minggu (11/12/2022).

Acara didahului dengan upacara adat ngunduh mantu di Loji Gandrung, Solo, pada Minggu sekitar pukul 07.00 WIB. Setelah itu dilanjutkan dengan kirab pengantin dari Loji Gandrung menuju lokasi resepsi di Pura Mangkunegaran Solo mulai pukul 08.30 WIB.

Rombongan kirab yang menyusuri Jl Slamet Riyadi diperkirakan sampai di Pura Mangkunegaran pukul 09.00 WIB kemudian langsung dilanjutkan dengan resepsi. Mengingat banyaknya tamu, resepsi dibagi dua sesi, yakni pagi dan malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya